KOMUNIKASI CORPORATE BRANDING LICIN.LOVE MELALUI PROGRAM “LIMBAH JELANTAH”

Nadya Aulia Hanum, Yulia Rahmawati, Farida Hariyati

Abstract


Corporate branding merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi dalam rangka membentuk kesan yang diinginkan di benak khalayak. Licin.love memerlukan strategi komunikasi yang sesuai dengan target khalayak perusahaan tersebut. Perusahaan startup Licin.love merupakan perusahaan yang berorientasi pada lingkungan dengan program Limbah Jelantah dan sukses melakukan serangkaian strategi branding terhadap khalayak mereka. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan bentuk komunikasi perusahaan Licin.love dalam kegiatan coporate branding melalui program “Limbah Jelantah”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Dalam mengumpulkan data dan informasi peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori organisasi modern yang merupakan turunan dari konteks komunikasi organisasi. Dalam melakukan corporate branding, ternyata sektor komunikasi juga berperan sangat penting dalam melakukan rangkaian pengembangan perusahaan khususnya melalui kegiatan branding perusahaan.   Penelitian ini melihat bahwa perusahaan Licin.love dalam program “Limbah Jelantah” telah menggunakan rangkaian strategi dalam komunikasi dan coporate branding yang dilakukan secara bertahap kepada para karyawan atau timnya untuk membentuk citra atau kesan yang diinginkan sebagai perusahaan yang menyediakan program penyelamatan lingkungan khususnya limbah jelantah.

Full Text:

PDF

References


Kotler, dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. (Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi: UI Press.)

Effendy, Onong Uchajana. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktik). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pace, R. wayne & Faules, Don F. 2010. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Romli, Khomsahrial. 2011. Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: Grasindo.

Susanto, Eko Harry. 2010. Komunikasi Manusia Esensi dan Aplikasi dalam Dinamika Sosial Ekonomi Politik, Edisi 1. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sulistio, Ahmad Budi. 2020. Branding Sebagai Pengganti Dari Promosi Bisnis. Jurnal ProFilm. Vol.4. No 1.

Van Riel, Cees and Charles J. Fombrun. 2009. Essentials of Corporate Communication: Implementing Practices for Effective Reputation Management. New York: Routledge.

Jurnal Penelitian terdahulu:

Indriati, L., & Fadilla, A. N. 2020. Perancangan Visual Brand CommunicationBank Sampah Induk Surabaya. Jurnal Rupa. Vol 5. No 1

Ramadhan, Dzan Koemar etal. 2020. Strategi Corporate branding Melalui Integrated Marketing Communication (IMC) PT Petrokimia Gresik. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat. Volume 3. Nomor 3

Purba, Rinanda. 2020. Branding Kerajinan Dari Limbah Teh Rendy Handycraft. Jurnal Proporsi, Vol. 6. No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v13i2.16981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats