TRANSFORMASI BISNIS UMKM OMAH ECOPRINT BANTUL MELALUI KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS MEDIA DIGITAL

Tsabdany Tzarauliarany Anagusti, Munadhil Abdul Muqsith, Fitria Ayuningtyas

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi yang mempengaruhi cara berbisnis mengharuskan perusahaan untuk dapat beradaptasi dan melakukan transformasi dalam bisnisnya. Transformasi bisnis melalui komunikasi pemasaran berbasis media digital ditargetkan oleh pemerintah Indonesia sebanyak 30 juta UMKM di Indonesia yang akan go digital pada tahun 2024. Studi dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, membahas tentang bagaimana teknologi komunikasi dan informasi mempengaruhi UMKM Omah Ecoprint by Elis Kumara Jati di Bantul, Yogyakarta, dan bagaimana UMKM tersebut mengimplementasikan lima tingkatan janji yang dikemukakan oleh Don Tapshcott, yaitu "Individu Yang Efektif", "Tim Yang Berkualitas Tinggi", "Organisasi Yang Terintegrasi", " Perusahaan yang berkembang luas ", dan "Bisnis Yang Tersambung Melalui Internet", untuk menciptakan model bisnis baru yang sukses.

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Aridansyah, D. O. (2016). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 16–30.

Ayuningtyas, F., Cahyani, I. P., & Purabaya, R. H. (2022). Edukasi Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25. https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i1.2326

Chakim, F. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Salsabila “Omah Ontong” Dalam Pemasaran Produk Dan Menarik Minat (Studi Kasus Di Desa Latukan, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan) PELANGGAN.

GoogleBlog, I. (2022). Karya Ecoprint by Elis Kumara Djati. https://indonesia.googleblog.com/2022/02/kain-omah-ecoprint-jadi-pilihan-kado.html

GoogleIndonesia. (2022). Google For Indonesia. https://youtu.be/MTiVzk3SpTQ)

Hootsuite, & We Are Social. (2022). Digital 2022:Global Overview Report. 1–300. https://wearesocial.com/cn/wp-content/uploads/sites/8/2022/01/DataReportal-GDR002-20220126-Digital-2022-Global-Overview-Report-Essentials-v02.pdf

Leonidovich Muzykant, V., Muqsith, M. A., Burdovskaya, E. Y., Palagina, I. V., Barabash, V. V., & Volkova, I. I. (2021). Contemporary transportation applications as new forms of social construction technology. Proceedings of the 2021 5th World Conference on Smart Trends in Systems Security and Sustainability, WorldS4 2021, August, 6–11. https://doi.org/10.1109/WorldS451998.2021.9514063

Nasionalkontan.co.id. (2022). Menkop UKM Ungkap 20,5 Juta UMKM Telah Go Digital dari Target 30 Juta di 2024. https://nasional.kontan.co.id/news/menkop-ukm-ungkap-205-juta-umkm-telah-go-digital-dari-target-30-juta-di-2024

Sawistri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13–21. https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161

Simanungkalit, Y. S. (2020). Teknik Ecoprint dengan Memanfaatkan Limbah Mawar (Rosa SP.) pad Kain Katun. Fashion and Fashion Education Journal, 9(1), 90–98.

Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 12(1), 31. https://doi.org/10.24821/rekam.v12i1.1385

Tapschoot, D. (2015). The Digital Economy ANNIVERSARY EDITION: Rethinking Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence. P-857.

Trijayanto, D. (2015). Media Baru dan Ekonomi Baru Lahirnya Sistem Ekonomi Baru dalam Game Online Zynga Poker. Promedia, I(1), 19–42.

Wasino, W. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dan Marketplace Untuk Penjualan Produk Umkm. Prosiding SENAPENMAS, 849. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15112




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v14i1.18749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats