KOMODIFIKASI MISTIK PADA KANAL YOUTUBE JURNAL RISA

Dina Anifatul Arifana

Abstract


Konten mistik mengacu pada hal-hal yang bersifat horor, seram, ghaib, mistis, dan fenomena supranatural yang tidak dapat dijelaskan oleh akal manusia. Kanal YouTube Jurnal Risa merupakan salah satu kanal YouTube Indonesia yang menayangkan konten terkait hal mistik. Adapun, penelitian ini mengkaji komodifikasi isi pada kanal YouTube Jurnal Risa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif-deskriptif dan menggunakan teori ekonomi politik Vincent Mosco. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat komodifikasi isi pada kanal YouTube Jurnal Risa. Pertama, kanal YouTube Jurnal Risa menawarkan berbagai program bernuansa mistis dalam berbagai bentuk, namun esensi kontennya sama secara keseluruhan. Kedua, proses komodifikasi konten di kanal YouTube Jurnal Risa melalui proses mistifikasi, reifikasi, dan naturalisasi. Mistifikasi konten terjadi ketika hal-hal mistis disajikan secara menghibur dan lucu, bahkan dianggap mengandung ilmu. Adapun, proses reifikasi terjadi ketika konten mistik Jurnal Risa dianggap kontennya berbeda oleh penonton dibandingkan dengan konten mistik kanal YouTube lainnya. Selanjutnya proses naturalisasi terjadi melalui konten mistik yang dikemas menggunakan redaksi “Wisata” atau “Ngangkot” yang seolah-olah makhluk astral memang ada di mana-mana, tidak hanya di lokasi-lokasi tertentu yang dianggap mistis seperti tempat terbengkalai, hingga kuburan.


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Denphabara, B. (2019). Mystical Commodification In Jaran Goyang Song: An Approach To Literary Sociology. International Journal of Language Education and Cultural Review (IJLECR). 5 (2), 137-143. Jakarta: Universitas Bunda Mulia. doi: https://doi.org/10.21009/IJLECR.052.16

Faiqah, et al. (2016). YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassar vidgram. Jurnal Komunikasi Kareba. 5 (2), 259-272. doi: https://doi.org/10.31947/kjik.v5i2.1905

Hartati C, dam Suyanto. (2020). Pengaruh Channle YouTube Jurnal Risa terhadap Opini Suscriber tentang Konten Mistis. Jurnal FISIP. 7. 1-11. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/28740

Lubis, Akhyar Yusuf. (2016). Postmodernisme: Teori dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahameruaji, N. J, et al. (2018). Bisnis Vlogging dalam Industri

Media Digital di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi. 15 (1), 61-74. doi: 10.24002/jik.v15i1.1007

Martinho, M., et al. (2012). Scholars’ YouTube kanals: content analysis of educational videos. Internet Laten Corpus Journal. 2 (2), 76-90. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/232747160_Scholars'_YouTube_kanals_content_analysis_of_educational_videos.

Mosco, V. (2009). The Political Economy of Communication (Second Edition). London: Sage Publication.

Muthmainnah dan Mulharnetii, S. (2020). Komodifikasi Mistis Dalam Program Reality Show Pencarian Jodoh Garis Tangan Di Antv. Jurnal Scriptura. 10 (2), 97-110. doi: 10.9744/scriptura.10.2.97-110

Nasrullah, R. (2017). Media Soial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Nashrudin, A. (2016). Ekonomi Politik Media : pada Pemberitaan Pemilukada Banten 2011 Oleh Radar Banten Dan Baraya TV. Jurnal Komuniti. 46 (2), 155-168. doi: https://doi.org/10.21831/informasi.v46i2.12247

Pambudi, B dan Puji, R. (2021). Media Sosial dan Komodifikasi Sosial Anak Muda. Jurnal Komunika. 8 (2), 122-132. doi: https://doi.org/10.22236/komunika.v8i1.6705

Perdana, D, D. (2017). Komodifikasi Dalam Tayangan Televisi (Kajian Terhadap Program Indonesian Idol 2014. Jurnal Profesionel FIS UNIVED. 4 (1), 12-21. doi: https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.446

Permana, A. (2012). Gejala Alienasi dalam Masyarakat Konsumeristik. Jurnal Pemikiran Sosiologi. 1 (2), 91-107. doi: https://doi.org/10.22146/jps.v1i2.23449

Pratiwi, D, A. 2020. Demistifikasi Dalam Jurnal Risa (Diskursus Mistisisme dalam Beberapa Konten YouTube Jurnalrisa). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipustaka Media.

Samsu. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development).

Jambi: Pustaka Jambi.

Saraswati, R. (2017). Jurnal Risa (Teaser). Diambil pada 10 Mei 2022 dari https://www.YouTube.com/watch?v=Tsb-Dnw3u2Q

Siahaan, J. (2021). Komodifikasi Mistisisme Di Media (Studi Kualitatif Mengenai Komodifikasi Televisi Tentang Mistisisme Pada Program Reality Show "Karma" Di Stasiun Televisi Antv). (Skripsi,USU, Sumatera Utara).

Sovianti, R. (2014). Komodifikasi Muatan Mistik Pada Majalah Misteri

Analisis Wacana Kritis pada Majalah Kisah Nyata. (Skripsi, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta, Jakarta)

Subandi, Z dan Teguh, P. (2018). Komodifikasi, Spasialisasi, Dan Strukturasi Dalam Media Baru Di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon). National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development. Diambil 10 Mei 2022 dari https://journal.ubm.ac.id/index.php/ncci/article/view/1297

Sukmawati, D dan Cahyo, W. (2012). Komodifikasi Pekerja NET untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jurnal Voxpop. 2 (1), 30-37. doi: https://doi.org/10.33005/voxpop.v2i1.78

Surahman, S., et al. (2019). Komodifikasi Konten, Khalayak, dan Pekerja pada Akun Instagram @salman_al_jugjawy. Jurnal Nyimak. 3 (1), 15-29. doi: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v3i1.1208

Vanya, S. (2021). BCH Talks: Ngobrol Seru bareng Risa Saraswati. Diambil pada 10 Mei 2022 dari https://www.YouTube.com/watch?v=rTjp4Y3AhmA&t=49s

Warapsari, D., et al. (2021). Komodifikasi Siaran Olahraga Di Televisi Publik:

Studi Kasus Liga Primer Inggris Di Lpp Tvri. Jurnal Interaksi. 10 (2), 94-103. doi: https://doi.org/10.14710/interaksi.10.2.93-103

Wulandari, S., et al. (2019). UMKM Go Social Media Marketing pada UD. AYS Gresik dan UMKM Sendy Leather Sidoarjo (Smart Mangroves, IbM Surabaya East Coast Support for Mangrove Conservation). Jurnal Ekonomika. 12 (1), 1-7. Diambil dari http://www.kopertis7.go.id/uploadjurnal/Ekonomika%20Vol%2012%20No%201%20Jun%202019_SIAPCETAK.pdf

Panjaitan, B, R. (Januari, 2021). Lipghost! Brand Makeup dari Tim Jurnal Risa Berkonsep Unik!. https://www.beautynesia.id/beauty/lipghost-brand-makeup-dari-tim-jurnal-risa-berkonsep-unik/b-188485

https://socialblade.com/youtube/kanal/UCKFC1LYWw1fbe9LNfm2vEPg

Fahlevi, S, I. (September, 2021). Jurnalrisa Raih Penghargaan Content Creator Misteri Terfavorit, Jadi Kado Ulang Tahun ke-4. https://www.celebrities.id/read/jurnalrisa-raih-penghargaan-content-creator-misteri-terfavorit-jadi-kado-ulang-tahun-ke-4-O1e8A0.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v14i1.19835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats