Semiotika Lambang dan Logo Partai Persatuan Pembangunan
Abstract
Simbol-simbol yang dipakai pada gambar atau lambang partai yang mempunyai makna subyektif baik dari kebiasaan masyarakat atau makna budaya serta makna keagamaan. Rumusan masalah pada penelitian ini studi literatur, dokumentasi, observasi: 1)Bagaimana struktur Lambang PPP ditinjau dari lambang itu sendiri (sintaksis)? 2)Bagaimana makna Lambang PPP ditinjau dari konteks denotasi, konotasi, mitos atau ideologi atau pertandanya (semantic)? Serta 3)Bagaimana efek lambang PPP ditinjau dari wacana pertukaran, penerimaan efeknya dari segi psikologis, ekonomi, sosial, gaya hidup para konsituen (pragmatic)?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Dan metode analisis data yang dipakai oleh penulis adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang kemudian dianalisis secara faktual, objektif, dan sistematis. Adapun hasil dari penelitian pada tesis ini adalah ternyata Berdasarkan model semiotik Charles Morris, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada level semantik, terdapat makna denotasi pada teks verbal. Pada level sintaktis, pembuat lambang dan logo memperhatikan pemilihan jenis kata dan bentuk kalimat agar runtut dan teratur. Secara visual, ada kesesuaian hubungan antara elemen visual dengan teks, seperti pemilihan elemen Ka’bah dan ikat kepala. Pada level pragmatik, hubungan antara tanda dengan makna tanda tersebut tergambar dari kepaduan antara unsur verbal dan visual teks logo.
Full Text:
55-69 PDF (Indonesian)References
Aziz, A., 2006. Politik Islam : Pergulatan Ideologis PPP Menjadi Partai Islam / Abdul Aziz. Tiara Wacana.
Bertens, K., 2007. Etika. Gramedia.
Blumer, H., 1986. Simbolic Interactionism: Perspective and Method. University of California Press.
Firmanzah, A., 2008. Marketing politik : antara pemahaman dan realitas [WWW Document]. Univ. Indones. Libr. URL https://lib.ui.ac.id (accessed 8.24.22).
Foss, K.A.; L., 2009. TEORI KOMUNIKASI: Theories of Human Communication EDISI 9. Salemba Humanika.
Home » PPP [WWW Document], 2021. . PPP. URL https://ppp.or.id/ (accessed 8.24.22).
Howe, N., Strauss, W., 2007. The next 20 years: how customer and workforce attitudes will evolve. Harv. Bus. Rev. 85, 41–52, 191.
Kriyantono, R., 2009. Teknik praktis riset komunikasi, Ed. 1, Cet. 4. ed.
Mead, G.H., 2015. Mind, Self, and Society: The Definitive Edition. University of Chicago Press.
Meleong, L.J., 1989. Metologi penelitian kualitatif, Edisi revisi ; Cetakan ketiga puluh delapan, Juli 2018. ed. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Miles, M.B., 2014. Qualitative data analysis : a methods sourcebook [WWW Document]. null. URL http://digilib.ui.ac.id/null (accessed 8.27.22).
Nawiroh Vera, 1962-, 2014. Semiotika dalam riset komunikasi, Cet. 1. ed. Ghalia Indonesia.
Patton, M.Q., 1990. Qualitative evaluation and research methods [WWW Document]. Univ. Indones. Libr. URL https://lib.ui.ac.id (accessed 8.24.22).
SOBUR, A., 2016. SEMIOTIKA KOMUNIKASI. PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Sobur, A., 2003. Semiotika komunikasi. Remaja Rosdakarya.
West, R., Turner, L., 2009. Introducing Communication Theory: Analysis and Application. McGraw-Hill Education.
Zulkarnaen, F., Adara, A.S., Rahmawati, A., Wartadiayu, L., Pamungkas, M.D., 2020. Partisipasi Politik Pemilih Milenial pada Pemilu di Indonesia. J. Polit. Indones. 5, 55–63. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i2.4554
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i1.21958
Refbacks
- There are currently no refbacks.