Pengaruh Informasi Diskon dan Promosi Flash Sale Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Followers Akun Twitter @RacunBelanja

Gina Aprilia, Rumyeni Rumyeni

Abstract


Penyebaran informasi di Twitter yang cepat, ringkas serta memiliki audiens besar menyebabkan munculnya akun Twitter yang bertujuan menjadi media promosi penjualan, salah satunya akun dengan username @RacunBelanja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-R (Stimulus-Respons). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh informasi diskon dan promosi flash sale terhadap perilaku pembelian impulsif followers akun Twitter @RacunBelanja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif dan kuesioner sebagai instrumen utama dalam pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi infinit. Dalam menentukan sampel menggunakan rumus unknown population dan didapatkan hasil 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan convenience sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) informasi diskon (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku pembelian impulsif (Y), (2) promosi flash sale (X2) berpengaruh secara parsial terhadap perilaku pembelian impulsif (Y), dan (3) informasi diskon (X1) dan promosi flash sale (X2) secara simultan berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif (Y) dengan pengaruh sebesar 39,8% yang artinya lemah sedangkan 60,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

References


Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Abidin, A. R., & Abidin, M. (2021). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response (S-O-R) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 79–90. https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2525

Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh promosi penjualan (sales promotion) dan belanja hedonis (hedonic shopping) terhadap impulsive buying produk Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic, 3(2), 10–18.

Amanda, T., & Edwar, M. (2015). Pengaruh Bonus Pack Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Giant Hypermarket Diponegoro Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2), 7.

Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi, 428–433.

Annur, C. M. (2023). 10 Negara dengan Jumlah Pengguna Twitter Terbanyak di Dunia (Januari 2023). Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/27/pengguna-twitter-di-indonesia-capai-24-juta-hingga-awal-2023-peringkat-berapa-di-dunia

Ariyono, K. Y., Irdiana, S., Darmawan, K., & ... (2022). Panic Buying Penyebab Terjadinya Impulse Buying Pada Pembelian Minyak Goreng. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1), 137–144. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/2472%0Ahttps://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/download/2472/1722

Azwari, A., & Lina, L. F. (2020). Pengaruh Price Discount dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Technobiz, 3(2), 37–41. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz/article/view/1098

Clinten, B. (2019). Pengguna Aktif Harian Twitter Indonesia Diklaim Terbanyak. Tekno.Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2019/10/30/16062477/pengguna-aktif-harian-twitter-indonesia-diklaim-terbanyak

Fatmawati, E. U., Hardati, R. K., & Hardati, R. N. (2022). Pengaruh Diskon Harga dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online (Studi pada Pengguna Shopee di Kalangan Mahasiswa Kampus Swasta UNISMA dan UMM). Jiagabi, 11(1), 197–205.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (planning & strategy). Qiara Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, H., Zulkarnain, & Alwie, A. F. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Masyarakat Pada Informasi Publik Dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XI(4), 684–697.

Jannah, L. M., & Prasetyo, B. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi/Penulis. Materi Pokok Metode Penelitian Kuantitatif, 43–44.

Kasimin, P, P. D., & Warso, M. M. (2015). Effect Of Discounts, Sales Promotion And Merchandising On Impulse Buying At Toko Intan Purwokerto. Journal of Management, 1(1), 1–19.

Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid ke 1 Edisi 12. Indeksia.

Kusumasari, I. R. (2022). Pengaruh Flash Sale, Diskon, Dan Subsidi Gratis Ongkir Terhadap Perilaku Impulsie Buying Pengguna Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur). Jurnal Bisnis Indonesia, 13(2), 16–28.

Kwahk, K., & Kim, B. (2016). Effects of Social Media on Consumers’ Purchase Decisions: Evidence from Taobao. Springer Journal, 11(Kwahk, K., Kim, B. (2016). Effects of Social Media on Consumers’ Purchase Decisions: Evidence from Taobao. Springer Journa, 11, 803–829.), 803–829.

Lila, S. I., & Winerungan, Robert R. Angmalisang, S. I. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di PT. Tuna Dwipa Matras Pos Tondano. Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 38–45.

Magdalena, F., Lestari, M. T., & Nurfebiaraning, S. (2016). Pengaruh Promosi Traveloka @Traveloka Melalui Twitter Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Followers Akun Twitter @Traveloka) Effects. Jurnal Sosioteknologi, 15(3).

Mulyani, S. (2021). Konsep Dasar Sistem Informasi Akuntansi. Andi Ibrahim.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Novitasari, S. (2020). Pengaruh Media Sosial Twitter @WomanFeed_Id Terhadap Perilaku Konsumtif Followers. Universitas Riau.

Nurdiansyah, A. (2021). Pengaruh Diskon dan Flash Sale Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee. Universitas Jember.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 4, Issue 1). Zifatama Publishing.

Sholihat, A. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. JOM FISIP, 5(1), 1–15. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34362/32290

Simanjuntak, O. D. P. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion dan Discount terhadap Online Impulsive Buying (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Universitas Sari Mutiara Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 383–387.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan ekonomi. Pustaka Baru Press.

Sulianta, F. (2011). Twitter For Business. Elex Media Komputindo.

Sya’diyah, H., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Sales Promotion Cashback dan Price Discount Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna di Situs Belanja Online Tokopedia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(10), 4538–4552. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i10.1751

Syastra, M. T., & Wangdra, Y. (2018). Analisis Online Impulse Buying dengan menggunakan Framework SOR. JSINBIS Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(2), 133–140. https://doi.org/10.21456/vol8iss2pp133-140




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i1.22390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats