Pengaruh Perceived Participation Benefit terhadap Niat Partisipasi Mahasiswa di Pulau Jawa dalam Kampanye Online tentang Kebersihan Lingkungan
Abstract
Media sosial menciptakan ruang baru bagi mahasiswa untuk berbagi mengenai sebuah isu. Pemanfaatan media sosial membentuk perubahan partisipasi dan aktivisme digital. Salah satu bentuk aktivisme digital adalah kampanye online terkait isu tentang kebersihan lingkungan. Pada pelaksanaan kampanye banyak faktor yang mempengaruhi partisipasi aktif seseorang, salah satunya adalah perceived participation benefit. Perceived participation benefit merupakan faktor dorongan berupa manfaat yang diperoleh ketika berpartisipasi dalam kampanye. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perceived participation benefit berpengaruh pada niat partisipasi mahasiswa di pulau Jawa dalam kampanye online tentang kebersihan lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Survei kuantitatif dilakukan kepada mahasiswa di Pulau Jawa, dan akan dianalisis menggunakan uji korelasi pearson. Hasil dari analisis, menyatakan bahwa hipotesis diterima dengan koefisien korelasi sebesar 0,670. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh antara perceived participation benefit pada niat partisipasi mahasiswa di pulau Jawa dalam kampanye online tentang kebersihan lingkungan.
Full Text:
20-33 PDF (Indonesian)References
Acharya, A. S., Prakash, A., Saxena, P., & Nigam, A. (2013). Sampling: why and how of it? Indian Journal of Medical Specialities, 4(2). https://doi.org/10.7713/ijms.2013.0032
Chusna, A. (n.d.). Penerbit: Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XII-Ambon KAMBOTI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Gerakan #dirumahaja sebagai Aktivisme Digital pada Akun Media Sosial Najwa Shihab.
Hapsari, D., & Sosiologi, J. P. (n.d.). UPAYA FORUM #SIAPDARLING (SIAP SADAR LINGKUNGAN) DIKALANGAN MAHASISWA YOGYAKARTA DALAM MELESTARIKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN THE FORUM’S #SIAPDARLING (READY ENVIRONMENTAL AWARENESS) AMONG YOGYAKARTA STUDENTS AT PRESERVING ENVIRONMENTALHYGIENE.
Hidayanti, A. A., Prathama, B. D., & Wardah, S. (2021). ANALISIS KORELASI PEARSON DALAM MENENTUKAN HUBUNGAN KUALITAS PRODUK, PELAYANAN, LOKASI DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PADA PELANGGAN RUMAH NUTRISI HERBALIFE MATARAM. Journal of Innovation and Knowledge, 1(2), 185–198.
Martínez-Mesa, J., González-Chica, D. A., Bastos, J. L., Bonamigo, R. R., & Duquia, R. P. (2014). Sample size: How many participants do i need in my research? Anais Brasileiros de Dermatologia, 89(4), 609–615. https://doi.org/10.1590/abd1806-4841.20143705
Matondang, A. R. N., Putri, A. Z., Solin, A. E. B., Pohan, B. M., Harahap, N., Rosmalina, Putri, R. D., & Handayani, S. (2023). Persepsi Mahasiswa UINSU Terhadap Konten Pandawara Grup Dalam Meningkatkan Kesadaran Peduli Lingkungan . Journal Of Social Science Research, 3(6).
Shabrina, A., Nuraini, K., & Naufal, A. (2023). Strategi Kampanye Kebersihan Lingkungan Oleh Pandawara Group Melalui Media Tiktok . Shabrina, A., Nuraini, K., & Naufal, A. (2023, November). Strategi Kampanye Kebersihan Lingkungan Oleh Pandawara Group Melalui Media TiProsiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial, 2, 1544–1556.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Tomohardjo, I., Iman, F. N., & Hidayati, Y. (2023). The Culture of Using Social Media of Environmental Discourse by The Youth in Tangerang City. E3S Web of Conferences, 440, 03001. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202344003001
Won, J., Hon, L., & Lee, A. R. (2018). Predicting Public Interest Issue Campaign Participation on Social Media . Journal of Public Interest Communications, 2(1), 130–155.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i2.23607
Refbacks
- There are currently no refbacks.