Strategi Komunikasi Dakwah Orang Tua dalam Memberikan Pemahaman Ibadah Kepada Anak Di Desa Talang Kemuning

Ahmad Khairul Nuzuli, Tuti Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai Strategi komunikasi dakwah orang tua dalam memberikan pemahaman ibadah kepada anak di desa talang kemuning.  Orang tua menjadi peran dalam membentuk pemahaman ibadah pada anak, seperti yang telah di ketahui orang tua madrasah awal terbentuknya kepribadian anak, dalam berkomunikasi kepada anak orang tua mempunyai strategi-strategi, yang mana strategi orang tua dalam menanamkan nilai ibadah pada anak yang banyak di gunakan orang tua di desa talang kemuning adalah dengan rutin mengaji didepan anak-anak, mengajak anak sholat dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang dan ketika anak malas melaksanakan ibadah seperti sholat dan mengaji strategi yang paling ampuh orang tua adalah memberikan hadiah kepada anak. Orang tua juga menjadi contoh dalam segi berbicara,bertingkah laku dan berpakaian harus sesuai dengan ajaran agama kita, jika kita orang tua ingin anak bisa mengaji  dan sholat orang tua harus  lebih dahulu memberi contoh kepada anak dengan rutin mengaji dan sholat didepan anak-anak.


References


Adiguna, J., Fadri, Z., & Irman, I. (2020). Pemanfaatan Konten Ibadah dan Akhlak dalam Media Sosial. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(2), 82. https://doi.org/10.31958/istinarah.v2i2.2534

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Anggara, B. (2017). Pemenuhan Hak-Hak Pendidikan Keagamaan Islam Anak Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Pakjo Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 162. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1389

Arsam, A. (2012). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.24090/komunika.v6i1.342

Astuti, H. K. (2022). Penanaman Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Karakter Religius. Mumtaz, 1(2), 62–70.

Baharuddin, B. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Min I Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 5(1), 105. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v5i1.4207

Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090

Fitriariyanti, L. (2020). STRATEGI ORANGTUA MILLENNIAL DALAM MENANAMKAN Volume 1 No . 2 Desember 2020. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 80–91.

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654

Harahap, S. (2022). Komunikasi Dakwah Orang Tua Terhadap Remaja Dalam Pelaksanakan Shalat Lima Waktu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1, 247–254. http://jpion.org/index.php/jpi/article/view/50%0Ahttps://jpion.org/index.php/jpi/article/download/50/36

Hayati, U. (2017). Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah Dan Perilaku Sosial. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(2), 175. https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.175-192

Hikmah, S. (2014). MENGENALKAN DAKWAH PADA ANAK USIA DINI Siti Hikmah A . Pendahuluan sumber daya manusia ( SDM ) di masa depan . Dalam rangka memperbaiki kehidupan suatu bangsa . Memberikan perhatian yang lebih satu langkah yang tepat untuk menyiapkan generasi unggul yang. 34(1), 63–76.

Kadir, A., Hidayat, A., & Psikologi UMS, M. (2019). Peran Orangtua dalam Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pendidikan Anak. Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK, 106–111. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11172

Khairun Nisa, S., & Abdurrahman, Z. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 517–527. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.260

Nugraha, I. (2020). Konsep dan Strategi Dakwah K.H. Fuad Affandi. Komunika, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.24042/komunika.v3i1.6059

rahmad, andi. Widodo, Anton. Fatawi, N. F. (2022). MEMANAJEMEN KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK UNTUK MENCIPTAKAN KELUARGA YANG HARMONIS. 59–72.

Rambe, E. (2020). PENERAPAN METODE DAKWAH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA KEPADA ANAK DI DESA AEK GOTI KEC. SILANGKITANG KAB. LABUHANBATU SELATAN. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 13. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.64

Rofiatun Nisa’, & Eli Fatmawati. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ibtida’, 1(2), 135–150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147

Samsudin, S. (2019). PENTINGNYA PERAN ORANGTUA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.119

Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada ‘Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2359–2369. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829

Yolanda, A. A., & Wirdati, W. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kesadaran Ibadah Shalat Anak. An-Nuha, 1(4), 461–473. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.109




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i1.23858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats