Strategi Komunikasi Dakwah Orang Tua dalam Memberikan Pemahaman Ibadah Kepada Anak Di Desa Talang Kemuning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai Strategi komunikasi dakwah orang tua dalam memberikan pemahaman ibadah kepada anak di desa talang kemuning. Orang tua menjadi peran dalam membentuk pemahaman ibadah pada anak, seperti yang telah di ketahui orang tua madrasah awal terbentuknya kepribadian anak, dalam berkomunikasi kepada anak orang tua mempunyai strategi-strategi, yang mana strategi orang tua dalam menanamkan nilai ibadah pada anak yang banyak di gunakan orang tua di desa talang kemuning adalah dengan rutin mengaji didepan anak-anak, mengajak anak sholat dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang dan ketika anak malas melaksanakan ibadah seperti sholat dan mengaji strategi yang paling ampuh orang tua adalah memberikan hadiah kepada anak. Orang tua juga menjadi contoh dalam segi berbicara,bertingkah laku dan berpakaian harus sesuai dengan ajaran agama kita, jika kita orang tua ingin anak bisa mengaji dan sholat orang tua harus lebih dahulu memberi contoh kepada anak dengan rutin mengaji dan sholat didepan anak-anak.
Full Text:
160-189 PDF (Indonesian)References
Adiguna, J., Fadri, Z., & Irman, I. (2020). Pemanfaatan Konten Ibadah dan Akhlak dalam Media Sosial. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(2), 82. https://doi.org/10.31958/istinarah.v2i2.2534
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Anggara, B. (2017). Pemenuhan Hak-Hak Pendidikan Keagamaan Islam Anak Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Pakjo Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 162. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1389
Arsam, A. (2012). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.24090/komunika.v6i1.342
Astuti, H. K. (2022). Penanaman Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Karakter Religius. Mumtaz, 1(2), 62–70.
Baharuddin, B. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Min I Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 5(1), 105. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v5i1.4207
Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Fitriariyanti, L. (2020). STRATEGI ORANGTUA MILLENNIAL DALAM MENANAMKAN Volume 1 No . 2 Desember 2020. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 80–91.
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654
Harahap, S. (2022). Komunikasi Dakwah Orang Tua Terhadap Remaja Dalam Pelaksanakan Shalat Lima Waktu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1, 247–254. http://jpion.org/index.php/jpi/article/view/50%0Ahttps://jpion.org/index.php/jpi/article/download/50/36
Hayati, U. (2017). Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah Dan Perilaku Sosial. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(2), 175. https://doi.org/10.18326/inject.v2i2.175-192
Hikmah, S. (2014). MENGENALKAN DAKWAH PADA ANAK USIA DINI Siti Hikmah A . Pendahuluan sumber daya manusia ( SDM ) di masa depan . Dalam rangka memperbaiki kehidupan suatu bangsa . Memberikan perhatian yang lebih satu langkah yang tepat untuk menyiapkan generasi unggul yang. 34(1), 63–76.
Kadir, A., Hidayat, A., & Psikologi UMS, M. (2019). Peran Orangtua dalam Pemanfaatan Media Sosial terhadap Pendidikan Anak. Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK, 106–111. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11172
Khairun Nisa, S., & Abdurrahman, Z. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 517–527. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.260
Nugraha, I. (2020). Konsep dan Strategi Dakwah K.H. Fuad Affandi. Komunika, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.24042/komunika.v3i1.6059
rahmad, andi. Widodo, Anton. Fatawi, N. F. (2022). MEMANAJEMEN KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DAN ANAK UNTUK MENCIPTAKAN KELUARGA YANG HARMONIS. 59–72.
Rambe, E. (2020). PENERAPAN METODE DAKWAH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA KEPADA ANAK DI DESA AEK GOTI KEC. SILANGKITANG KAB. LABUHANBATU SELATAN. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 13. https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i2.64
Rofiatun Nisa’, & Eli Fatmawati. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ibtida’, 1(2), 135–150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147
Samsudin, S. (2019). PENTINGNYA PERAN ORANGTUA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.119
Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada ‘Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2359–2369. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829
Yolanda, A. A., & Wirdati, W. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kesadaran Ibadah Shalat Anak. An-Nuha, 1(4), 461–473. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.109
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i1.23858
Refbacks
- There are currently no refbacks.