STRATEGI AKOMODASI KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI ANTAR BUDAYA (STUDI KASUS ANTARA PERUSAHAAN INDONESIA DAN PERUSAHAAN ARAB)
Abstract
Budaya dianggap sangat penting dalam mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam melakukan kerjasama bisnis khususnya dalam negosiasi bisnis antar negara. Namun, banyak perusahaan-perusahaan tidak memperhatikan aspek budaya, pada proses suatu bisnis khususnya dalam negosiasi bisnis. Negosiasi bisnis antar budaya harus memperhatikan aspek penting budaya. Budaya memberitahu negosiator apa yang penting, dan memungkinkan mereka untuk memberikan makna pada komunikasi pihak lain dan menebak motif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi akomodasi komunikasi dalam negosiasi bisnis perusahaan Indonesia dengan perusahaan Arab. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi literature. Hasil temuan menunjukkan bahwa pengusaha Arab memiliki beberapa pengaruh dari budaya negara Arab dimana sangat mempercayai sistem hierarki dan juga melihat latar belakang suatu negara. Pengusaha Indonesia dan pengusaha Arab menggunakan strategi komunikasi convergen yang ditunjukkan melalui komunikasi verbal dan nonverbal. Strategi konvergensi verbal dengan pola komunikasi yang berbeda, gaya manajemen dan gaya pengambilan keputusan yang berbeda. Perilaku divergensi terepresentasikan dalam penggunaan bahas. Pengusaha Indonesia menggunakan bahasa Inggris, sedangkan pengusaha Arab menggunakan bahasa Arab. Sedangkan strategi konvergensi yang dilakukan kedua pengusaha dilakukan dalam penggunaan kata salam saat pertemuan yaitu “Assalamualaikum”, dan “Waalaikumsalam”. Strategi konvergensi nonverbal juga terwujud ketika pengusaha wanita tidak berjabat tangan dengan laki-laki, dan hanya laki-laki yang berjabat tangan.
Kata Kunci: Strategi Akomodasi Komunikasi, Budaya, Negosiasi, Konvergensi dan divergensi
Full Text:
190-216 PDF (Indonesian)References
Ahmad. (2021). Bentuk Globalisasi Ekonomi dan Pengaruhnya ke Perekonomian Indonesia. Ekonomi.
Anindita, H. (2021, Februari 16). Kolaborasi dengan perusahaan asing: Manfaatnya bagi Kemajuan Usaha. Retrieved from Bisnis: https://www.jojonomic.com/blog/kolaborasi-dengan-perusahaan-asing/
Bamanty, M. M., Lestari, P., & Novianti, D. (2019). Model Kompetensi Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Indonesia dan Jerman. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Berger, R., Silbiger, A., Herstein, R., & Barnes, B. R. (2014). Analyzing business-to-business relationship in an Arab context. Journal of World Business.
CDMI. (2019, July 5). 10 perusahaan Eksportir Indonesia dengan Nilai terbesar. Retrieved from CDMI: https://www.cdmione.com/10-perusahaan-eksportir-indonesia-dengan-nilai-terbesar/
Chaney, L. H., & Martin, J. S. (2011). Intercultural Business Communication. New Jersey: PEARSON.
Davos. (2022, Mei 22). Indonesia Perkuat Keja Sama Ekonomi dengan Arab Saudi. Retrieved from Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4150/indonesia-perkuat-kerja-sama-ekonomi-dengan-arab-saudi
DMC. (2015, Mei 26). Indonesia adalah Negara yang Sangat Penting bagi Arab Saudi. Retrieved from Kementrian Pertahanan Republik Indonesia: https://www.kemhan.go.id/2015/05/26/indonesia-adalah-negara-yang-sangat-penting-bagi-arab-saudi.html
Douglas, A. M., Abdillah, Y., & Sanawiri, B. (2017). Implementasi Kontrak Bisnis Terhadap Budaya Lintar Negara di Jepang (Studi pada Tenants di Connect House Co., Ltd). Jurnal Administrasi Bisnis.
Ganesan, D. (2020). The effect of cultural differences and negotiations strategy. International Journal of Business, Marketing and Communication.
Giles, H., Edwards, A. L., & Walther, J. B. (2023). Communication accomodation theory: Past accomplishments, current trends, and future prospects. Language Sciences.
Griffinn, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2019). A First Look At Communication Theory . New York: Mc Graw-Hill Education.
Gumilar, A. (2018). Analisis Bisnis Internasional di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis.
Janitra, M. (2022, Agustus 27). Pengertian Bisnis Internasional . Bisnis.
Kartawinata, B. R., & Syahputra, A. W. (2014). Bisnis Internasional. Bandung: PT. KARYA MANUNGGAL LITHOMAS.
kemlu. (2018). Hubungan Bilateral RI-Arab Saudi. Retrieved from Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh, Kerajaan Arab Saudi: kemlu.go.id
Khakhar, P., & Rammal, H. G. (2013). Culture and business networks: International business negotiations with Arab managers. International Business Review.
Latifovic, E., & Handler-Schuster, D. (2023). Intercultural communication in long-term care: The perspective of relatives from Switzerland. Quality and Safety in Health Care.
Mulyana, D., & Rakhmat, J. (2020). Komunikasi Antar Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pratama, I., Musadieq, M. A., & Prasetya, A. (2015). Perlunya pemahaman lintas budaya dalam proses negosiasi bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis.
Solomon, c. M., & Schell, m. S. (2009). Excerpt from Managing across cultures the seven keys to doing business with a global mindset. Tata McGraw-Hill Education.
West, R. L., & Turner, L. H. (2019). Introducing Communication Theory Analysis and Application. New York: Mc Graw Hill education.
Yeke, S., & Semercioz, F. (2016). Relationships between personality traits, cultural intelligence and intercultural communication competence. Procedia-Social and Behavioral Science.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications Design and Methods. Singapore: SAGE Publications, Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v15i1.25023
Refbacks
- There are currently no refbacks.