Pengaruh Penggunaan Media Sosial X Terhadap Perilaku Literasi Digital Mahasiswa Dalam Memperoleh Informasi Pemilu 2024
Abstract
Literasi digital merupakan kemampuan untuk memahami dan menerapkan informasi dalam berbagai format dari berbagai sumber yang diakses melalui media digital. Peneliti melihat realitas sosial saat ini media sosial menjadi sumber informasi Pemilu 2024 dan menempati trending topic selama beberapa hari pada media sosial X. Penelitian ini menggunakan teori ketergantungan media dimana semakin besar ketergantungan seseorang terhadap media, semakin besar pula dampak media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial X terhadap perilaku literasi digital mahasiswa dalam memperoleh informasi Pemilu 2024. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik insidental, dimana peneliti menyebar kuesioner secara kebetulan kepada 100 responden yang merupakan pengikut autobase @collegemenfess. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara variabel x (penggunaan media sosial X) terhadap variabel y (perilaku literasi digital mahasiswa dalam memperoleh informasi Pemilu 2024).
Kata Kunci: Literasi Digital, Media Sosial, Teori Ketergantungan Media
Digital literacy is the ability to understand and apply information in various formats from various sources accessed through digital media. Researchers see that the current social reality is that social media is a source of information for the 2024 Election and occupies a trending topic for several days on X social media. This research uses media dependence theory where the greater a person's dependence on the media, the greater the impact of the media. This study aims to determine how much influence the use of social media X has on students' digital literacy behavior in obtaining information on the 2024 Election. The approach in this research is quantitative. The method used is a survey method using incidental techniques, where researchers distribute questionnaires by chance to 100 respondents who are followers of @collegemenfess autobase. The result of this study is that there is an influence between variable x (the use of social media X) on variable y (students' digital literacy behavior in obtaining information on the 2024 elections).
Keywords: Digital Literacy, Social Media, Media Dependency Theory
Full Text:
1-18 PDF (Indonesian)References
Gafur, H. (2015). Mahasiswa & Dinamika Dunia Kampus. Rasibook. https://books.google.co.id/books?id=6jPwDwAAQBAJ
Hady Surya, M. S., & Pratamawaty, B. B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Partisipasi Politik Online Mahasiswa Di Jawa Barat. Jurnal Politik Pemerintahan Dharma Praja, 15(2), 56–68. https://doi.org/10.33701/jppdp.v15i2.2978
Hasan, D., Asmaraningsih, R., & Pratiwi, S. (2021). Literasi dan Human Capital. Samudra Biru.
Hidayat, F. P., & Ginting, R. (2018). Literasi Media Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTMA), 1–5. https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/article/view/17235/pdf_1
Iriantara, Y. (2017). Literasi Media. Simbiosa Rekatama Media.
Jati, N. P., Abidin, Z., & Oxcygentri, M. (2022). Pengaruh Sosial Media Youtube Terhadap Perilaku Literasi Siswa Sma Hutama. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 68–75. https://www.zenius.net/blog/pisa-2018-2019-
Marwick, A. E., & Boyd, D. (2011). I tweet honestly, I tweet passionately: Twitter users, context collapse, and the imagined audience. New Media and Society, 13(1), 114–133. https://doi.org/10.1177/1461444810365313
Morissan. (2021). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa Ed Revisi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=DsM0EAAAQBAJ
Mukarom, Z. (2021). Teori-Teori Komunikasi Berdasarkan Konteks. PT. Remaja Rosdakarya.
Muliawati, H., & Munawar, S. (2022). Literasi Humanis Mendorong Zilenial Melek Digital. Yayasan Ruang Baca Komunitas.
Perdana, C. R., Rizal, E., & Khadijah, U. L. (2012). Hubungan Twitter Jatinangorku dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Seputar Daerah Jatinangor bagi Followers. EJurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran, 1(1), 1–15. http://journals.unpad.ac.id
Rachmat Kriyantono. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Prenada Media.
Rahmadillah, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Remaja Kecamatan Tambun Utara Bekasi Jawa Barat. Journal Daring Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 1–20.
Rakhmat, J., & Idi Subandy Ibrahim. (2017). Metode Penelitian Komunikasi (2nd ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171–179. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48774
Sarah Payton, & Hague, C. (2010). Literacy across the curriculum. English and Literacies, 349–374. https://doi.org/10.1017/9781009154048.016
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Sujoko, A., Haboddin, M., & La Ode Machdani Afala. (2020). Media dan Dinamika Demokrasi. Kencana.
Syahfira, I. (2022). Hubungan Literasi Digital Dengan Penggunaan Media Sosial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam “UISU” …. 15(1), 92–102. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16523%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/16523/7/DAFTAR PUSTAKA.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk.v1i1.29786
Refbacks
- There are currently no refbacks.