Strategi Konten Edukasi PT Bio Farma dalam Meningkatkan Kesadaran Vaksinasi Influenza melalui Instagram @update.imun

Slamet Parsono, Nasywamaraya Natakusumah

Abstract


Kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga kekebalan tubuh melalui vaksinasi influenza masih perlu ditingkatkan. Ini terjadi karena masih minimnya edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi influenza oleh pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan konten edukasi oleh PT Bio Farma dalam meningkatkan kesadaran vaksinasi influenza melalui Instagram @update.imun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini mengacu pada model karakteristik new media oleh Lister yaitu: (1) Digital; (2) Interactive; (3) Hypertextual; (4) Virtual; (5) Networked; dan (6) Stimulated. Hasil penelitian menunjukkan PT Bio Farma mempraktikkan komunikasi kesehatan melalui kampanye update imun dengan memanfaatkan karakteristik media baru dalam menyebarkan konten edukasi di Instagram. Konten dikemas dalam format visual dan video untuk menarik perhatian masyarakat. Selain itu, PT Bio Farma juga mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam kampanye edukasi, memperkuat hubungan, dan menciptakan obrolan yang mendalam terkait vaksinasi influenza melalui berbagai fitur Instagram. PT Bio Farma pun melalukan kolaborasi dengan komunitas, organisasi, dan influencer yang dapat memperluas cakupan kampanye vaksinasi influenza. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi influenza dan memberikan wawasan bagi pengelolaan komunikasi kesehatan di media sosial.

References


Alhasbi, F., Ramli, Afsar, A., Setyaningsih, R., Ismail, K., Harahap, T., Pratikna, R., Rachmawati, F., Agustiningsih, G., Sanjaya, R., Lestari, S., Nurliyani, Oktaviani, D., & Rakhman, C. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi. PENERBIT TAHTA MEDIA GROUP.

Andzani, D., & Irwansyah. (2023). Dinamika Komunikasi Digital: Tren, Tantangan, dan Prospek Masa Depan. Jurnal Syntax Admiration, 4(11), 1964–1976. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i11.743

Arlinta, D. (2024). Usia Dewasa Juga Butuh Imunisasi. SATGAS IMUNISASI DEWASA PAPDI: Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia. https://satgasimunisasipapdi.com/2024/01/29/usia-dewasa-juga-butuh-imunisasi-2/

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466–477. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479

Creswell, J., & Creswell, D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE.

Cutlip, S., Center, A., & Broom, G. (2000). Effective Public Relations. Prentice Hall. Dan, P., Sampah, M., Sekarninngrum, B., S, Y. S., & Yunita, D. (2020). Sosialisasi Dan Edukasi Kangpisman. Kumawula, 3(1), 73–86.

Darmawan, D., & Fauzi, K. (2013). Sistem Informasi Manajemen. PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Fauzan, F., & Sofyan, A. (2020). Strategi Branding Saint Barkley dalam Instagram. Prosiding Manajemen Komunikasi, 6(1), 207–210.

Fauzi, A., Saing, B., Nazira, N. A., Putri, S. A., Pangeswati, S. O., Nurhasanah, S. D., Maharani, S., & Theresia. (2024). Peran Dan Fungsi Influencer Di Media Sosial. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.61597/jbe-ogzrp.v2i1.16

Fiantika, F., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Groat, L., & Wang, D. (2013). Architectural Research Methods. Wiley.

Hamidah, N. S., & Hakim, R. J. (2023). Peran Sosial Media Atas Perilaku Konsumtif Belanja Bagi Ibu Rumah Tangga Di Desa Lebaksari Kec.Parakansalak. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 682–686. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i3.618

Haro, M., Fahmi, A., Reffita, L., Ningsih, N., Sholihat, N., Alwi, N., Adib, M., Rosdiana, Iskandar, A., Permatasari, R., & Rumainur. (2022). Komunikasi Kesehatan. PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. ALFABETA.

Ilyas, M., Farid, M., & Akbar, M. (2017). Efektifitas Penyebaran Informasi Rekrutmen Peserta Didik Pelatihan Berbasis Kompetensi Pada Balai Latihan Kerja Kab. Majene. Jurnal Komunikasi KAREBA, 6(1), 162–173.

Kurniadi, H., & Hizasalasi, M. (2017). Strategi Kampanye Diet Kantong Plastik Oleh GIDKP di Indonesia. 2th Celscitech-UMRI 2017, 2, 73–78.

Levani, Y., & Paramita, A. L. (2021). The Usage of Influenza Vaccine to Prevent Seasonal Influenza during Pandemic COVID-19. MAGNA MEDICA Berkala Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 8(2), 93 https://doi.org/10.26714/magnamed.8.2.2021.93-101

Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, I., & Kelly, K. (2009). New Media: a critical introduction. Routledge.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1– 9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

Miles, M., & Huberman, A. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE.

Mostafa, K. (2023). Influenza (Seasonal). World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/influenza-(seasonal)

Muslih, M. (2016). Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma, dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Lembaga Study Filsafat Islam.

Ndolu, M. A. (2023). Strategi Komunikasi Akun Instagram @apdcindonesia Dalam Meningkatkan Kesadaran Pengikutnya Mengenai Kesehatan Mental. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 159–169.

Parmitasari, R., & Syariati, A. (2020). MANAJEMEN STRATEGI: PENGANTAR (Buku Bahan Ujian Komprehensif). Pusaka Almaida.

Pilah, A. (2020). STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH JAWA BARAT DALAM MEMBENTUK MASYARAKAT YANG CERDAS DAN KRITIS TERHADAP MEDIA.

Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N., & Permana, B. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 06.

Soufitri, F. (2023). Konsep Sistem Informasi. PT. Inovasi Pratama Internasional.

Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). ALFABETA Bandung.

Tirtonegoro, S. (2022). Pentingnya Imunisasi bagi Anak. Kementrian Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1331/pentingnya-imunisasi-bagi-anak

Trianaputri, A. C. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dazzle Dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Instagram @Promodazzle. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3). https://doi.org/10.21831/lektur.v4i3.18532

Triaputri, A., & Muljono, P. (2022). Efektivitas Akun Instagram @Infosumbar sebagai Media Penyebaran Informasi Sejarah dan Budaya Minangkabau. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(4), 467–479. https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i4.1034

Tulandi, E. V. (2021). Strategi Komunikasi Akun Instagram UbahStigma Dalam Meningkatkan Kesadaran Mengenai Kesehatan Mental. Jurnal Petik, 7(2), 136–143. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i2.1196

Wekke, I. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.

Wibisono, B. (2024). 150 Teknik Ampuh Branding. Anak Hebat Indonesia.

Yunus, Y., & Mahpuddin. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Membangun Hubungan Dengan Pendengar Ms Radio. Kinesik, 7(3), 293–302. https://doi.org/10.22487/ejk.v7i3.132




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk.v1i1.31626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats