Perbandingan Konstruksi Berita Makan Bergizi Gratis (MBG) di Media Online Indonesia

Eko Sumardi, Dudi Iskandar, Hesti Nurazizah

Abstract


Abstrak

Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang digulirkan Presiden Prabowo Subianto banyak menimbulkan beragam kontroversi seperti penunjukan yang mengelola yang diduga korupsi, keracunan di berbagai daerah, dan kritik terhadap kebermanfaatannya dibandinkan dengan Pendidikan gratis. Oleh sebab itu, dari perspektif jurnalisme beragam peristiwa seputar MBG memiliki nilai berita (news values) yang tinggi. Makanya berita MBG layak diteliti. Penelitian ini bertujuan membandingkan konstruksi pemberitaan Berita MBG yang disajikan tiga media online popular di Indonesia, detik.com, republika.co.id, dan kompas.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing model Robert Matthew Entman. Analisis framing Entman memiliki dua dimensi (seleksi isu dan penonjolan aspek) serta empat elemen framing (pendefinisain masalah, sumber masalah, keputusan moral, dan penyelesaian masalah). Sebagai kesimpulan, penelitian ini menemukan beberapa poin menarik. Pertama, setiap media memiliki konstruksi yang berbeda, termasuk pertimbangan nilai berita yang tinggi. Perbedaan ini ditentukan oleh banyak faktor seperti kebijakan redaksi, segmentasi pembaca dan kepentingan ekonomi politik media, Kedua, pembingkaian yang dilakukan tiga media menunjukan beragam kepentingan seperti hyperlink, clickbait, dan pageviews yang menjadi ciri khas jurnalisme media online. Ketiga, jurnalisme kontemporer yang berbasis internet berbeda dengan jurnalisme sebelum hegemoni internet. Perbedaan ini sangat mempengaruhi bagaimana media mengkonstruksi sebuah perustiwa menjadi berita. 

Kata kunci : berita, MBG, detik.com, republika.co.id, kompas.com

 

Abstract

The Free Nutritious Meals (FNM) program launched by President Prabowo Subianto has caused many controversies such as the appointment of managers who are suspected of corruption, poisoning in various regions, and criticism of its benefits compared to free education. Therefore, from a journalism perspective, various events surrounding the FNM have high news values. That is why the FNM news is worth studying. This study aims to compare the news construction of the FNM news presented by the three most popular online media in Indonesia, namely, detik.com, republika.co.id, and kompas.com. This study uses a qualitative approach. The research method used is Robert Matthew Entman's framing model analysis. Entman's framing analysis has two dimensions (issue selection and aspect highlighting) and four framing elements (define problem, diagnoses cause,  make moral judgement, and treatment recommendation. In conclusion, this study found several interesting points. First, each media has a different construction, including consideration of high news value. This difference is determined by many factors such as editorial policy, reader segmentation and media political economic interests. Second, the framing carried out by the three media shows various interests such as hyperlinks, clickbait, and pageviews which are characteristic of online media journalism. Third, contemporary internet-based journalism is different from journalism before the internet hegemony. This difference greatly influences how the media constructs an event into news.

Keywords : news, FNM, detik.com, republika.co.id, kompas.com


References


Abrar, A. N. (2011). Analisis Pers; Teori dan Praktek. PT Cahaya Atma Pustaka.

Bossio, D. (2017). Journalism and Social Media: Practitioners, Organisations and Institutions. Springer International Publishing.

Burton, G. (2003). Pengantar untuk Memahami Media dan Budaya Populer. Jalasutera.

Eriyanto. (2001). Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKiS.

Iskandar, Dudi. Indah Suryawati, L. (2022). Jurnalisme Dasar; Panduan Teori dan Praktik Jurnalisme di Era Perubahan. PT. Rajagrafindo.

Iskandar, D. (2017). Ideological Representation of Power in Media Convergence. 6(2), 225–230.

Iskandar, D. (2018). Konvergensi Media; Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. PT. ANDI.

Iskandar, D. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif; Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.

Kovach, B. and T. R. (2007). The Elemens of Journalism. Three Rivers Press.

Kovach, B. and T. R. (2010). Blur : Bagaimana Mengetahui Kebenaran di Era Banjir Informasi. Dewan Pers.

Mcquail, D. (2013). Journalism and Society. Sage Publications.

Neuman, M. L. (2014). Social Research Methods (Qualitative and Quantitative Approaches) (Fifith Edi). Pearson Education Limited.

Pavlik, J. V. (2001). Journalism and New Media. Columbia University Press.

Perloff, R. M. (2020). The Dynamics of News; Journalism in the 21th-Century Media Millieu (Routlaedge (ed.)).

Potter, W. J. (2014). Guidelines for media literacy interventions in the digital age. Medijska Istrazivanja, 20(2), 3–29.

Rayhan, T. M., & Putri, W. Y. (2020). Analisis Framing Seputar INews Siang RCTI Segmen “Pilihan Indonesia 2019.” InterKomunika, 2(2), 1–20.

Schudson, M. (2003). The Sociology of News. W.W. Norton & Campony Inc.

Siregar, B. (2019). Framing Berita Capres-Cawapres pada Pilpres 2019 di Harian Umum Republika dan Koran Tempo. Komunikologi, 16(1), 7–17.

Wibowo, A. T. (2019). Konstruksi Realitas Media Online atas Pemberitaan Debat Kandidat pada Pemilihan Presiden 2019. Nyimak: Journal of Communication, 3(2), 177. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i2.1780

Yin, R. K. (2011). Qualitative Research from Star to Finish. Guilford Pres.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jrk.v1i1.32874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats