AUDIT KOMUNIKASI PADA PROGRAM KAMPANYE EARTH WORLD WILDLIFE FUND FOR NATURE INDONESIA

Emiliya Johari

Abstract


Penggunaan energi listrik yang berlebihan merupakan hal yang melatarbelakangi terbentuknya program kampanye Earth Hour, World Wildlife Fund for Nature Indonesia. Program yang diteliti berjalan dalam kurun 2015 hingga 2016 selama satu tahun. Program kampanye ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai penghematan penggunaan energi listrik. Namun berdasarkan data dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), pada tahun 2013 dan 2014 tidak ada perubahan yang signifikan dari penggunaan energi listrik. Untuk itu perlu dilakukan proses evaluasi yang disebut audit komunikasi. Audit komunikasi adalah alat evaluasi untuk program jangka panjang dengan menunjukan kekuatan dan kelemahan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan tahap preparation, konsep kegiatan program sudah sesuai. Sementara tahap implementations, kegiatan yang dilakukan tidak sesuai dengan perencanaan. Selanjutnya tahap impact ditemukan, belum sesuai dengan tujuan utama program, mengajak masyarakat untuk berkomitmen dalam mematikan lampu yang tidak terpakai selama satu jam. Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan yang mengangkat isu lingkungan diluar isu penggunaan energi listrik, berada pada satu payung dengan kampanye Earth Hour. Sehingga program Earth Hour dinilai perlu adanya perbaikan guna keberhasilan kampanye.
Kata Kunci: Audit Komunikasi, Kampanye Earth Hour, WWF Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Cutlip, Scott M, Allen H. Center, Glen Brom. 2006. Effective Public Relations. Prenada Media Group. Jakarta.

Effendi, Onong Uchjana.2008.Dinamika Komunikasi.PT. Remaja Rosdakarya.Bandung.

Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi. PT. Grasindo. Jakarta.

Iriantara, Yosal.2004.Manajemen Strategis Public Relations.Graha Indonesia.Jakarta.

Macnamara, Jim R. 2002. Gold Paper No.11 PR Metrics-Research for Planning &Evaluation of PR & Corporate Communication. IPRA. Switzerland.

Morissan. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Ghalia Indonesia. Bogor.

Mulyana, Dedi. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisi Perusahaan. PT. Grasindo. Jakarta.

Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam.2012 Komunikasi Public Relation.CV.Pustaka Setia. Bandung.

Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Schein, Edgar H .1991. Organizational Culture and Leadership.San Fransisco: Oxford Jossey-Bass Publisher.

Sunyoto, Danang .2012.Manajemen Sumber Daya Manusia.CAPS(Center for Academic Publishing Service).Yogyakarta.

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Sumber Lain :

Website

Earth Hour Indonesia. 2016. F.A.Q. http://earthhour.wwf.or.id/f-a-q/

PT.PLN(Persero).2014.Buku Statistik PLN 2014.http://www.pln.co.id/wp-content/uploads/2012/01/Statistik-PLN-2014_for-website-10-Juni-2015.pdf.

World Wildlife Fund for Nature –Indonesia .2015. Seputar Iklim & Energi. http://www.wwf.or.id/tentang_wwf/upaya_kami/iklim_dan_energi/solusikami/kampanye/powerswitch/spt_iklim/




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v9i1.5899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats