AKTIVITAS SOS CHILDREN’S VILLAGES INDONESIA DALAM PENGELOLAAN EVENT THE UNPLUGGED FAMILY DAY

Rahmi Wellina Putri, Hanny Hafiar, Anwar Sani

Abstract


Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan tahapan penelitian, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi yang dilakukan oleh SOS Desa Anak Indonesia yang diselenggarakan pada event The Unplugged Family Day 2016. Konsep dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Special Event Management oleh Joe Goldblatt. Penelitian ini memperlihatkan bahwa penelitian yang dilakukan oleh tim management merupakan penelitian informal, yang dilaksanakan melaluui focus group discussion. Tahapan desain dilaksanakan melalui brainstorming untuk memutuskan ide utama event dengan memperhatikan pergerakan peserta, suara, dan warna, serta publikasi. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan mempersiapkan komite, material untuk event, rundown acara, menentukan pengisi acara, undangan untuk media, dan hal-hal teknis lainnya yang terkait dengan persiapan event. Koordinasi internal dilaksanakan melalui pertemuan dan rapat yang dilakukan sebelumnya, serta diskusi dengan pihak eksternal seperti, pengisi acara, sponsor, dan media. Pada tahap evaluasi, tim mengevaluasi bagaimana jalannya event, media, dan respon peserta event. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa, tim management telah berhasil melaksanakan tahapan dalam special event management walaupun terdapat beberapa tahapan yang tidak terlaksana dengan baik.
Kata kunci: evaluasi, event, management, perencanaan, special event.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cutlip, Scott M., et. Al. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Goldblatt, Joe Jeff. 2014. Special Events Creating and Sustaining a New World for Celebration Seventh Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing. Jakarta: Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Noor, Any. 2013. Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.

Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Pudjiastuti, Wahyuni. 2010. Special Event Alternatif Jitu Membidik Pasar. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Referensi Lainnya:

https://sos.or.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v9i1.5903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats