PERSPEKTIF LITERASI MEDIA OLEH MAHASISWA TENTANG BERITA HOAKS DI PILKADA KOTA SERANG

Andin Nesia, Puspita Asri Praceka

Abstract


Kegiatan bermedia mahasiswa menjadi menarik untuk diperhatikan dalam konteks politik, terlebih ketika mahasiswa memiliki hak politik dalam kegiatan politik tertentu, seperti Pemilihan Umum (Pemilu). Media seolah menjadi kawan dekat bagi masyarakat, kemudian ditambah lagi dengan munculnya salah satu hasil pengembangan teknologi yaitu internet. Internet sendiri kemudian menjelma menjadi media yang digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi. Sumber media yang dijadikan rujukan oleh mahasiswa adalah media massa dan media sosial. Dengan keberagaman media dan pesan atau berita yang disajikan, menjadi menarik bagi peneliti untuk menganalisis tentang literasi media oleh mahasiswa pada masa sosialisasi bakal calon kepala daerah terkait berita hoaks pada media tersebut, yang mana pada penelitian ini adalah pemilihan Kepala Daerah Kota Serang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang utama melalui Focus Group Discussion (FGD). Adapun teori yang digunakan adalah teori Atribusi, untuk memberikan gambaran yang menarik mengenai literasi media oleh mahasiswa.
Kata Kunci: Literasi Media, Berita Hoaks, Pilkada.

Full Text:

PDF

References


Dominick, R Joseph. 2001. The Dynamics of Mass Communication. London: McGraw-Hill Companies.

Kriyantono, S.Sos, M.Si, Rachmat. 2006. Teknik Praktik Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Media

McQuail, Denis, 2011, Teori Komunikasi Massa (McQuail‘s Mass Communication Theory) Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika

Morissan, 2013 Teori Komunikasi Massa Komunikator, Pesan, Percakapan, dan Hubungan (Interpersonal), Bogor: Ghalia Indonesia.

Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, R. T. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan) Bagian V s/d IX. Jakarta : Kencana.

Severin, Werner J dan James W. Tankard. 2005. Teori Komunikasi.Jakarta: Kencana

Jurnal Reni Nureni, dkk Jurnal Sosioteknologi Edisi 30 Tahun 12, Desember 2013 hal 465

Santi Indra Astuti & Zulfebriges, Perilaku Mahasiswa Digital di Media Sosial: Gaya, Gaul, Tapi Galau, Prociding Call For Paper ―The 1st Indonesia Media Research and Summit 2014 hal 621

Sumber Online:

http://teknohikmah.blogspot.com/2008/04/data-blogger-dan-pengguna-friendster.html

https://www.antaranews.com/berita/605171/apa-itu-hoax

https://www.literasipublik.com/pengertian-literasi-media




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v9i2.5997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats