ANALISIS BERITA TOKOH DAN PARTAI POLITIK ISLAM PADA ISU PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019

Darwis Sagita, Puspita Asri Praceka

Abstract


Mengingat bahwa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden adalah momen politik nasional, maka geliat pemberitaan sudah dimulai dengan analisis atau manuver politik berbagai kalangan yang membahas tentang Calon Presiden dan Wakil Presiden. Pun termasuk di dalamnya tentang elemen tertentu yang coba dihubungkan dengan isu tersebut, seperti halnya tokoh dan Partai Islam. Peneliti mengamati bagaimana berita media massa (dalam hal ini media online) memberitakan Tokoh dan Partai Politik Islam pada isu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019. Populasi atau objek dalam penelitian ini ádalah pemberitaan mengenai partai politik islam pada isu pemilihan presiden dan wakil presiden RI 2019 dengan priode terbit yang dibatasi pada tanggal 1 Mei – 30 Juni 2018 pada media online Mediaindonesia.com, Republika.co.id dan Kompas.com. Penelitian ini menggunakan analisis isi, dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa semua media online yang diteliti (republika.co.id, kompas.com dan mediaindonesia.com) memberikan perhatian paling banyak terhadap Ustadz Abdul Somad terkait isu tokoh Islam dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Dimana republika.co.id memberitakan dengan nada paling positif. Sedangkan terkait partai politik islam paling banyak diberitakan adalah PKS di semua media, hanya saja pada republika.co.id paling positif dan pada mediaindonesia.com paling negatif. Sementara kemunculan positif lainnya adalah pada PKB di mediaindonesia.com media.
Kata kunci: berita pemilihan presiden, tokoh dan partai islam

Full Text:

PDF

References


Dominick, R Joseph. 2001. The Dynamics of Mass Communication. London: McGraw-Hill Companies.

Kriyantono, S.Sos,M.Si, Rachmat.2006. Teknik Praktik Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Media

McQuail, Denis, 2011, Teori Komunikasi Massa (McQuail‘s Mass Communication Theory) Edisi 6 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan, 2013. Teori Komunikasi Massa Komunikator, Pesan, Percakapan, dan Hubungan (Interpersonal), Bogor: Ghalia Indonesia.

Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, R. T. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan) Bagian V s/d IX. Jakarta : Kencana.

Severin, Werner J dan James W. Tankard. 2005. Teori Komunikasi.Jakarta: Kencana Jurnal Reni Nureni, dkk Jurnal Sosioteknologi Edisi 30 Tahun 12, Desember 2013.

Santi Indra Astuti & Zulfebriges, Perilaku Remaja Digital di Media Sosial: Gaya, Gaul, Tapi Galau, Prociding Call For Paper ―The 1st Indonesia Media Research and Summit2014.

SumberOnline: http://teknohikmah.blogspot.com/2008/04/data-blogger-dan-pengguna-friendster.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v9i2.5998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats