KONSTRUKSI REALITAS DIRI REMAJA PELAKU SEKS BEBAS DI PANDEGLANG

Ratu Tusilah

Abstract


Maraknya fenomena seks bebas di kalangan remaja yang terindikasi meningkat setiap tahunnya, hal ini pula yang terjadi pada remaja di Pandeglang yang mengalami peningkatan aktivitas seks bebas, seperti kehamilan yang tidak diinginkan di kalangan remaja dan pekerja seks komersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas diri remaja pelaku seks bebas di Pandeglang dengan menggunakan tahap eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial Petter Berger dan Luckmann. Metode penelitian yaitu kualititatif dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu 3 key informan remaja yang pernah melakukan seks bebas dan 2 informan tambahan yaitu tokoh agama dan ahli psikologi. Hasil pada penelitian ini terdapat dua bentuk realitas, yaitu realitas objektif dan realitas subjektif, dalam tahap eksternalisasi penyesuaian diri terhadap nilai dan norma seks bebas dalam lingkungan keluarga sangatlah mempengaruhi, untuk tahap objektivasi yaitu interaksi sosial, lingkungan pergaulan sangatlah mempengaruhi ketiga key informan yang akhirnya menjadi penyebab kepada tahap selanjutnya tahap internalisasi yaitu pemaknaan terhadap seks bebas, sehingga pada pengungkapan makna ini, key informan akhirnya menilai bahwa seks bebas sebagai sesuatu hal yang sudah biasa dan pada akhirnya key informan melakukan hubungan seks bebas melalui dengan melalui tindakannya, yang akhirnya membentuk realitas seks bebas dikalangan remaja.
Kata Kunci : Seksualitas, Teori Konstruksi Realitas Sosial, Remaja Pelaku Seks Bebas.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad & Asrori Mohammad. 2009. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Diskusi Teknologi Komunikasi). Jakarta: Kencana Pradana Media Group.

Bartenes, K. 2007. Etika.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.

Littlejohn.Stephen W & Karen A. Poss. 2009.Teori Komunikasi (Theories of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika.

Liliweri Alo. 1994. Perspektif Teoritis Komunikasi Antarpribadi. Bandung. PT. Aditya Bakti.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya

Malik, Zainuddin. 2012. Rekonstruksi Teori Sosial Modern. Yogyakarta: Gajah Mada University Perss.

Morisson M. A. 2015. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Narwoko & Suyanto.2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Harapan. Jakarta: Kencana Media Group.

Rahmat, Kriyanto. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Rohman, Agus Abdul. 2013. Psikologi Sosial: Intergarsi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Perss.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja .

Sihabudin Ahmad & Winangsih Rahmi. 2012. Komunikasi Antarmanusia. Serang. Pustaka Getok Tular.

Sunarto, Kamonto. 2004. Pengantar Sosiologi Edisi Revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet.

Satori, Djam’an & Komariah Aan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet.

Uchjana, Onong Effendy. 2003. Ilmu, Teori dan Filasafat Komunikasi. Bandung. PT. Citra Aditiya Bakti.

Website

Dinas Kesehatan Pandeglang, melalui http://dinkespandeglang.blogspot.co.id/2011_12_01_archive.html (diakses pada tanggal 25 November 2016, pukul 20:30 WIB)

Detak.co.id. 2014. Ada 5 Kecamatan Zona Merah HIV/AIDS http://www.detak.co.id/regional/pandeglang/item/5106-ada-5-kecamatan-zona-merah-hiv-aids Tanggal 01 Mei 2017, 22.00 WIB.

Kompasiana, melalui http://www.kompasiana.com/harniandriana/pergaulan-bebas-di-kalangan-remaja-yang-mengkhawatirkan_54f93d6aa3331112678b4c33 (diakses pada tanggal 30 Oktober 2016, pukul 18:00 WIB)

Kompasiana, melalui http://www.kompasiana.com/rumahbelajar_persada/63-persen-remaja-di-indonesia-melakukan-seks-pra-nikah_54f91d77a33311fc078b45f4 (diakses pada tanggal 28 Oktober 2016, pukul 19:00 WIB

Skripsi

Suci Novita Sari.Perilaku Seksual dan Faktor yang Berhubungan Pada Mahasiswa S1 Reguler Fakultas X Universitas Indonesia Tahun 2012. Skripsi Kesehatan Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v10i1.6016

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JRK, Jurnal Riset Komunikasi is published by Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

Publisher Address: Jl. Raya Jakarta Km 4 Pakupatan Serang Banten, Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia. Telepon/Fax: (0254) 280330, Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id |

 Click to access: Jurnal Riset Komunikasi  

JRK has been indexed at: Google Scholar 

View Stat.