PANDANGAN KELOMPOK MOTOR HONDA PARUNG SERAB CLUB TENTANG LATAR KONSEP DIRI REMAJA TERKAIT PERILAKU SEKS BEBAS

Suryanto Suryanto, Idi Dimyati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pandangan kelompok motor Honda Parung Serab Club (HPSC) tentang latar konsep diri remaja terkait perilaku seks bebas di Kota Tangerang Provinsi Banten. Metode penelitian menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada informan, yakni anggota kelompok motor HPSC. Analisis data menggunakan teori Interaksi Simbolis, yang meliputi komponen pengetahuan atau dasar berfikir, konsep diri atau peneguhan jatidiri dan respon masyarakat terkait perilaku seks bebas yang dilakukan oleh remaja. Hasil penelitian diketahui bahwa pada remaja yang berperilaku seks bebas cenderung lemah. Perilaku seks bebas lebih besar peluangnya terjadi jika pengetahuan pada remaja tersebut tidak dibentuk melalui pendidikan mengenai seks bebas baik di lingkungan keluarga dan sekolah dan keyakinan remaja dalam hal beragama, konsep diri dibentuk dari sumber informasi yang tidak terarah melalui situs porno di internet, interaksi remaja cenderung dengan orang yang pernah melakukan seks bebas sehingga mempengaruhi sikapnya untuk mencontoh perilaku seks bebas itu, respon masyarakat yang cenderung apatis akhirnya memperbesar kesempatan remaja untuk berperilaku seks bebas serta adanya perubahan budaya akibat mobilitas penduduk.
Kata Kunci : Kelompok Motor Honda Parung Serab Club, Latar Konsep Diri Remaja,
Perilaku Seks Bebas.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad, and Muhammad Asrori. 2009. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Amirudin, Mudjahirin T, Friedha NRK dan Hedi P. S. 2007. Kecenderungan perilaku seks beba sremaja perkotaan. Semarang: Puslit sosial Budaya/LPN-Universitas Diponogoro

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Calhoun James F. dan Acocella Joan Ross. Psikologi tentang Penyesuaran dan Hubungan Kemanusiaan (diterjemahkan oleh Satmoko), 1995. New York: Harper & Row.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: RosdaKarya.

Kartono, Kartini. 1992. Psikologi Wanita Jilid I (Mengenal Gadis Remaja dan Wanita Dewasa). Bandung: MandarMaju.

Kuswarno, Engkus. 2008. Metode Penelitian Komuniasi: EtnografiKomunikasi. Bandung: WidyaPadjajaran.

Moleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

Jurnal :

BKKBN. 2012. Kajian Pernikahan Dini Pada Beberapa Provini Di Indonesia: Dampak Over Population, Akar Masalah dan Peran Kelembagaan Di Daerah.

KomangYuniRahyani, dkk.Perilaku Seks Pranikah Remaja. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Vol.7 No.4 November 2012. Jakarta: Universitas Indonesia.

SunantiZalbawiSoejati. Perilaku Seks di Kalangan Remaja dan Permasalahannya.Media Litbang Kesehatan.Vol.IX No.1 Tahun 2001.

Rikawarastuti. 2015. Mahasiswa dan Seksualitas. Jurnal Kesehatan. Vol.6 No.1 November 2015. Jakarta: Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v10i1.6017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: jurnalrisetkomunikasi@untirta.ac.id


View My Stats