KONSTRUKSI MAKNA TRADISI PANJANG MULUD SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TRANSENDENTAL

Nimas Nurushaumy, Muhammad Jaiz, Ail Muldi

Abstract


Beberapa tradisi bersinggungan dengan keyakinan partisipannya pada Tuhannya. Seperti tradisi Panjang Mulud yang dilakukan oleh masyarakat Kebaharan. Tradisi ini memiliki makna keagamaan didalamnya yang bersifat transenden. Partisipannya diyakini melakukan komunikasi transendental antara dirinya dan Tuhannya. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui motif apa saja yang mendasari partisipan, konsep diri partisipan yang terbangun dalam tradisi ini serta makna tradisi Panjang Mulud sebagai media Komunikasi Transendental. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan paradigma konstruktivis. Penulisan ini menggunakan teori konstruksi sosial dan interaksi simbolik. Hasil dari penulisan ini yaitu, motif yang mendasari partisipan adalah motif ibadah, ekonomi, perasaan (motif ‘untuk’) dan motif sosial, pengakuan, ibadah (motif ‘sebab’). Partisipan menilai dirinya sebagai muslim yang taat, dermawan dan berada. Makna yang terbentuk dalam tradisi ini sebagai bentuk ekspresi diri, identitas, momentum dan sebagai alat mencapai tujuan mereka. Komunikasi transendental ada dalam setiap proses tradisi panjang mulud dan dimaknai langsung oleh partisipan, melalui tindakan verbal berupa doa, dizkir mulud, marhaban dan pengajian maupun nonverbal seperti sedekah mengeluarkan panjang, silahturahim, dan ziarah yang kembali kepada keyakinan agama partisipannya sebagai bentuk keimanan, yang menjadi ciri komunikasi transendental.
Kata Kunci: Komunikasi Transendental, Tradisi Panjang Mulud, Makna, Interaksi Simbolik, Konstruksi Sosial

Full Text:

PDF

References


Berger, Peter L. & Thomas Luckmann. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basari). Jakarta: LP3ES.

Bachtiar, Wardi. 2006. Sosiologi Klasik Dari Comte hingga Parsons. Bandung: Remaja Rosdakarya

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen serta KritikTerhadap Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hakim, Lukman. 2006. Banten dalam Perjalanan Jurnalistik. Pandeglang: Banten Heritage.

John Fiske. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, Rakhmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kusnawan Ash Shiddiq,Asep. 2007. Doa-Doa Sukses for Teens. Bandung: Mizan.

Kuswarno, Engkus.2009. Metodologi Penulisan Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penulisan. Bandung: Widya Padjadjaran.

Kuswarno, Engkus. 2008. Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Lexy J., Moleong. 2006. Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

LittleJohn, Stephen&Foss, Karen. A. 2002.Teori Komunikasi (Theories of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika.

LittleJohn, Stephen & Foss, Karen. A. 2011.Teori Komunikasi (Theories of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika.

M.A, Morissan. 2009. Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia.

Mulyana., Deddy &Rakhmat, Jalaludin. 1993. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana,Deddy.1999. Nuansa-Nuansa Komunikasi; Meneropong Politik Dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2003. Metode Penulisan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Padje, Gud Recht Hayat. 2008. Komunikasi Kontemporer: Strategi, Konsepsi, dan Sejarah. Kupang: Universitas PGRI.

Poloma, Margaret M. 2010. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.

Saefullah, Ujang.2013. Kapita Selekta Komunikasi: Pendekatan Budaya dan Agama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penulisan Kuantitatif dan Kualitatif dan R &D. Bandung: Alafbeta.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sobur, Alex. 2006.Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2014. Ensiklopedia Komunikasi P – Z. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Supriatna, Encep. 2017. Pembelajaran Sejarah Berbasis Budaya Banten. Serang: Media Madani.

West, Richard&Turner, Lyn H. 2013.Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Winangsih, Nina. 2015. Komunikasi Transendental. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumber lain:

Ahmad Said, Hasani. 2016. Islam dan Budaya di Banten: menelisik tradisi debus dan maulid. Kalam. Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam. Volume 10, Nomor 1.

Bachtiar, Edi.2014. Shalat Sebagai Media Komunikasi Vertikal Transendental. Konseling religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 5, No. 2.

Chusmeru. 2012. Komunikasi Transendental Dan Kearifan Lokal Dalam Kesenian Tradisional Banyumas. Jurnal: Menggagass Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal.

Sholahuddin al-Ayubi, Uib. 2006.“Panjang Mulud”, Ringkasan Penulisan Islam Dan Tradisi Lokal Banten (Studi Ritulitas Panjang Mulud Di Serang Banten). Lembaga Penulisan IAIN SMH Banten.

Sumber Online:

Arief, Hanief. 2017. Kelas menengah, gaya dan perubahan sosial. www.kompasiana.com_

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://publikasi.data.kemdikbud.go.id

CNN Indonesia. Kemenpar dukung pesona Banten bersholawat. https://www.cnnindonesia.com

Banten Connect. Panjang Mulud, tradisi masyarakat memperingati hari kelahiran nabi. http://bantenconnect.com

SCTV. Liputan 6. Tradisi panjang mulud menyambut maulid nabi. http://news.liputan6.com

Rmol banten. Pasca lebaran objek wisata religi banten lama ramai pelancong. https://www.rmolbanten.com




DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v8i2.6020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Recent Issues


        Vol. 13 No. 1 2022        Vol. 12 No. 2 2021        Vol. 12 No. 1 2021       Vol. 11 No. 2 2020        Vol. 11 No. 1 2020

 

 

 

Common License
Journal Publisher
Publisher Address

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Riset Komunikasi is published by Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Science, Sultan Ageng Tirtayasa University


Jl. Raya Palka Km 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang Provinsi Banten., Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Pakupatan, Serang, Banten, Indonesia.

Telepon/Fax: (0254) 280330,
Email: [email protected]


View My Stats