Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Terhadap Saham Syariah

Elza Devi Wiranti, Sandra Dewi, Ira Sagita, Fara Rizqy Salsabila, Suryo Budi Santoso

Abstract


Abstrak


Saham syariah merupakan produk investasi yang menerapkan sistem syirkah atau kepemilikan saham yang menitikberatkan pada kesepakatan dan tanggung jawab antara dua pihak atau lebih. Teknologi Informasi (TI) atau dalam bahasa inggris yaitu Information Technology (IT), istilah umum untuk teknologi yang membantu manusia membuat, memodifikasi, menyimpan, berkomunikasi, dan mendistribusikan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman tentang kemajuan teknologi informasi pada saham syariah saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, artinya menggambarkan subjek penelitian dengan menggunakan kajian literature pustaka dan mengumpulkan data-data yang telah dikumpulkan dibandingkan dengan sumber satu dengan sumber lainnya sehingga menghasilkan kesimpulan yang diharapkan. Hasil kesimpulan penelitian ini disajikan menggunakan data kualitatif dimana data-data tersebut berupa deskriptif kalimat, bukan berupa angka maupun diagram. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat khususnya untuk saham-saham syariah semakin banyak ditemukan bahwa semakin berkembang dan maju. Saat ini teknologi semakin mudah dan praktis, sehingga jual beli saham semakin mudah. Teknologi informasi memberikan manfaat yang sangat banyak untuk perusahaan, diantaranya adalah dapat mengurangi aktivitas bisnis yang elusif juga memberikan informasi yang akurat, mudah dimengerti dan terjamin pada bentuk perencanaan, pengaturan, dan pengambilan ketentuan manajemen.

Kata kunci: Teknologi informasi, bank syariah, saham syariah


Keywords


Information Ttechnology; Islamic Banks; Islamic Stocks

Full Text:

PDF

References


Izzah, V N et al. 2022. “MANAJEMEN BANK SYARIAH Jurnal EMBA Vol . 10 No . 1 , Januari 2022 , Hal . 393-400.” 10(1): 393–400.

Karolita, Devi, Sherly Christina, and Deviana Agustin Rimi. 2014. “Jurnal Teknologi Informasi Sistem Pengelolaan Klub Basket Di Palangka Raya Berbasis Web 2.0.” Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika 8(2): 1–77.

Rahayu, Sri Islami, Acep Suherman, and Andri Indrawan. 2021. “Jurnal Akuntansi Unihaz -Jaz Juni Jurnal Akuntansi Unihaz -Jaz Juni.” Jurnal Akuntansi Unihaz -Jaz 4(1): 78–93.

Via Sukmaningati, and Fadlilatul Ulya. 2021. “Keuntungan Investasi Di Saham Syariah.” Jurnal Investasi Islam 5(1): 59–68.

Ahmad, Amar. 2012. Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya. Jakarta. Universitas Indonesia

Soemintra, Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana

Damayanti, K., Fardinal., (2019). The Effect of Information Technology Utilization,Management Support, Internal Control, and User Competence on Accounting InformationSystem Quality. Schollars Bulletin, 5(12), 751-758.

Hanifah, S., Sarpingah, S., & Putra, Y. M., (2020). The Effect of Level of Education,Accounting Knowledge, and Utilization Of Information Technology Toward Quality TheQuality of MSME’s Financial Reports. The 1st Annual Conference Economics, Business,and Social Sciences (ACEBISS) 2019, 1 (3).

Putra, Y. M., (2018). Implikasi Etis dari Teknologi Informasi. Modul Kuliah SistemInformasi Manajemen. FEB-Universitas Mercu Buana: Jakarta

Zamzami, A.H., & Putra, Y. M., (2019). Intensity of Taxpayers Using E-Filing (Empirical Testing of Taxpayers in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi). EPRAInternational Journal of Multidisciplinary Research (IJMR) 5(7), 154-161.

Sriwijaya, S. T. A. B. N. Etika Komputer dan Kompetensi Content Evaluation sebagai Strategi Menangkal Radikalisme Guna Meningkatkan Nasionalisme di Era Digital.

Yahfizham, Y. (2012). Moral, etika dan hukum (implikasi etis dari teknologi informasidan komunikasi). Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 6(01), 09-18.

Herliansyah, Y., Nugroho, L., Ardilla, D., & Putra, Y. M., (2020). The Determinants ofMicro, Small and Medium Entrepreneur (MSME) Become Customer of Islamic Banks(Religion, Religiosity, and Location of Islamic Banks). The 1st Annual ConferenceEconomics, Business, and Social Sciences (ACEBISS) 2019, 1, (2).https://doi.org/10.4108/eai.26-3-2019.2290775




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v18i1.15548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats