Strategi Dan Dampak Pengembangan Obyek Wisata Tasi Oetuke Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat Di Desa Oetuke , Kabupaten TTS

Yomestrin Kause

Abstract


Pengembangan sektor pariwisata dapat meningkatkan peerekonomian masyarakat , melalui sector pariwisata ini masalah seperti pengentasan kemisikinan dan pengangguran bisa diatasi.pengembangan pariwisata memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar objek pada khususnya . pariwisata juga merupakan suatu kegiatan yang secara langsung melibatkan masyarakat sehingga membawa berbagai dampak terhadap masyarakat setempat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana strategi pengembangan objek wisata seperti apa yang dilakukan pemerinrah setempat di kawasan objek wisata dan dampaknya terhadap masyarakat di Desa Oetuke. Jenis penelitian ini menggunkan penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif kualitatif. dimana pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, dan semua data-data dianalis menggunakan Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat).

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang digunakan yaitu dengan melakukan pemebrdayaan masyarakat seperti sadar wisata, selain itu dnegan peningkatan sarana dan prasarana, melakukan promosi di berbagai media dan elektronik, serta meningkatkan infrastruktur dan dampaknyanya terhadap ekonomi masyarakat di Desa Oetuke dalam meningkatakan pendapatan yang berada di dekat objek wisata serta retribusi dapat  membantu pengurus BUMDES  untuk mengembangkan objek wisata.

         Kata Kunci : Strategi , Dampak , objek wisata, Ekonomi


Keywords


Strategi; Dampak; Objek Wisata; Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Andi Mappi. 2001. Cakrawala Pariwisata, Jakarta: Balai Pustaka

Anita Sulistiyaning Gunawan.(2015). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat ( Studi Kasus : Objek Wisata Gereja Pusharang ). Skripsi

Badan Pusat Statistika Provinsi Nusa Tenggara Timur (BPS), 2020

Bryson, John. 2007. Perencanaan Strategi Bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Chafid Fandell. 2000. Pengertian Dan Konsep Dasar Ekowisata, Jurnal

Cornelis, Fanggidae A dan Timuneno (2019) : Strategi Pengembangan Obyek Wisata Alam Gunung Fatuleu. Jurnal Management ,8 (1).

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi : Konsep. Jakarta : Salemba Empat Edisi 12

Kabupaten Timor Tenggah Selatan dalam angka, 2022 : (339, 340, 344)

Kecamatan Kolbano Dalam Angka. 2018

Mita Fitriani. ( 2011). Strategi Pengelolaan Pantai Lontar Indah Di Kabupaten Serang. Skrispi

Nawawi. (2005). Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintah . Jurnal Yogyakarta : Gajah Mada (147)

Pradikta, Angga, 2013. Strategi Pengembangan Objek Wisata Waduk Gunungrowo Indah dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pati

Sri Wahyuningsi. (2018). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Apparalang Sebagai Daerah Tujuan Wisata Kabupaten Wulukumba. Skripsi

Tapatfeto, Bessie dan Kasim.(2018). Strategi Pengembangan Objek Wisata dalam Upaya Peningkatan Kunjungan ( Studi Pada Objek Wisata Pantai Oetune Kabupaten TTS). Jurnal Manajemen, 6 (1)

Tandilino S. B. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Melalui Desa Wisata Di Kabupaten Timor Tengah Selatan Untuk Meningkatkan Jumlah Pergerakan Wisatawan. Jurnal Tourism Mahasiswa Pariwisata, 2 (1),1-4

Undang – Undang RI No. 9 Tahun (2009). Tentang Kepariwisataan . Jakarta

Yoeti, Oka A, 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata

Yunita. (2015). Strategi Pengembangan Pariwisata Di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak

https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/1846.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability/article/download/2508/pdf.

https://media.neliti.com/media/publications/44781-ID-strategi-penegmbangan-objek-wisata-air panas-di-desa-marobo-kabupaten-bobonaro-t.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v18i2.22281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats