Pengaruh Kompetensi Digital, Competitor Accounting Dan Kompetensi Akuntansi Manajemen Terhadap Keunggulan Kompetitif (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi di Tangerang)
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan perusahaan manufaktur di Indonesia terutama pada wilayah Tangerang mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, dengan adanya kemudahan akses internet menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen dalam membelanjakan uangnya. Maka dengan adanya dua kondisi tersebut, perusahaan perlu untuk memiliki kekuatan bersaingnya sendiri agar mampu bertahan di persaingan pasar global yang terjadi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi digital, competitor accounting, dan kompetensi akuntansi manajemen terhadap keunggulan kompetitif pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman di Tangerang. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terletak di Tangerang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 12 perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Model yang digunakan adalah yaitu analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi digital, competitor accounting, dan kompetensi akuntansi manajemen memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyanti, J. (2019). Peran Keunggulan Kompetitif Dalam Memoderasi Kemampuan Manajerial Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha Industri Kecil Menengah (Ikm) Mebel Di Kabupaten Jepara Skripsi.
Astuti, M., Azmi, Z., & Darwin, R. (2020). Pengaruh Competitor Accounting Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Organisasi. Research in Accounting Journal (RAJ), 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37385/raj.v1i1.9
Gits.id. (2023). Perubahan Perilaku Konsumen FMCG – Apa Penyebabnya?
Gits.Id. https://gits.id/blog/penyebab-perubahan-perilaku-konsumen-fmcg/
Imjai, N., Aujirapongpan, S., & Mahadi, N. (2023). The interplay of digital and management accounting competency to competitive performance in the open innovation era: A case of Thai micropreneurs. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 9(4). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100167
Indradi, D., Ningsih, A., & Rufaidah, P. (2023). Industry analysis of PT. Mayora Indah, Tbk. (Case Study) Dimas. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 12(1), 10–22.
Khotimah, H., & Budi, S. (2020). Analisis Peran Inovasi, Kompetensi Akuntansi, dan Dukungan Pemerintah terhadap Daya Saing UMKM Kota Tangerang Selatan. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 5(2), 117. https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v5i2.y2020.p117-130
Merdeka.com. (2021). Terapkan Industri 4.0, Mayora Targetkan Jadi Smart Factory di 2024. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/uang/terapkan-industri-40-mayora-targetkan-jadi-smart-factory-di-2024.html
OYEWO, B., & AJIBOLADE, S. (2019). Does the Use of Strategic Management Accounting Techniques Creates and Sustains Competitive Advantage? Some Empirical Evidence. Annals of Spiru Haret University. Economic Series, 19(2), 61–92. https://doi.org/10.26458/1923
Putri, S., Sumaryani, I., & Zusnita, W. (2023). PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL DAN KEMITRAAN TERHADAP DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KULINER DI KOTA BANDUNG. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17, 4.
Sari, S. M., Yunizar, Y., & Sartika, D. (2020). Penentu Keunggulan Bersaing Pada Umkm : Apakah Kompetensi Digital Dan Orientasi Kewirausahaan Penting ? AdBispreneur, 5(1), 63. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i1.26999
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v20i1.32784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tirtayasa Ekonomika
View My Stats