PERAN KEBIJAKAN DIVIDEN DALAM MEMEDIASI NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2015

Kiki Liya Fitriani, Fauji Sanusi, Ika Utami Widyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kebijakan dividen dalam memediasi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2015. Dalam Penelitian ini,Pertumbuhan Perusahaan diukur oleh Total Asset Growth, Profitabilitas diukur dengan Return On Asset, Nilai Perusahaan diukur dengan Price to Book Value, dan Kebijakan Dividen diukur dengan Dividend Payout Ratio.

Populasi dalam penelitian ini meliputi perusahaan Manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2015. Sampel penelitian ini adalah 10 perusahaan sehingga data yang diperoleh sebanyak 60 data. Data yang akan dipakai yaitu data sekunder. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, Path analisis, dan uji parsial (uji t).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pertumbuhan Perusahaan (TAG) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan (PBV). 2) Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). 3) Kebijakan Dividen (DPR) berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). 4) Pertumbuhan Perusahaan (TAG) berpengaruh negatif signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR). 5) Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen (DPR). 6) Kebijakan Dividen (DPR) sebagai variabel intervening dalam penelitian ini tidak mampu memediasi dan tidak signifikan hubungan Pertumbuhan Perusahaan (TAG) terhadap Nilai Perusahaan (PBV). 7) Kebijakan Dividen (DPR) sebagai variabel intervening dalam penelitian ini tidak mampu memediasi tapi signifikan hubungan Profitabilitas (ROA) terhadap Nilai Perusahaan (PBV).

Keywords


Pertumbuhan Perusahaan (TAG); Profitabilitas (ROA); Nilai Perusahaan (PBV); Kebijakan Dividen (DPR);

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I Gede dan Ida Bagus Badjra. 2014. “Pengaruh Likuiditas, Manajemen Aktiva, Eps, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan”. Jurnal. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Udayana.

Aries .H. P. 2011. Valuasi Perusahaan. PPM : Jakarta Pusat

Astuti, Dewi. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Brigham. E. dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Alih Bahasa:Ali Akbar Yulianto. Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Budi, Eka Sapram dan Rachmawati, Eka Nuraini. 2014. “Analisis Pengaruh Return On Equity, Debt To Equity Ratio, Growth, Dan Firm Size Terhadap Price To Book Value Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi Vol. 22 No. 1.

Dewi, Dewa Ayu I.Y.M dan Sudhiartha, Gede Mertha. 2017. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan”. E-Jurnal Unud Vol, 6 No. 4.

Dewi, Putu Yunita Saputri, Gede Adi Yuniarta, dan Ananta Wikrama Tungga Atmadja, 2014. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ 45 di BEI Periode 2008-2012”. E-Jurnal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan GaneshaI, Volume 2, No.1

Dhani, Isabella Permata dan A.A Gede Setia Utama. 2017. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga Vol. 2 No. 1.

Fahmi, Irham. 2012. Manajemen Investasi: Teori dan Soal Jawab, Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat

Ferdinand. 2011. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Firmansah, Alif, dan Suwitho. 2017. “Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kebijakan Dividen”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 1, Januari 2017 ISSN : 2461-0593

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan Keenam. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ginanjar, Suhadak, dan Zainul. 2015.“Analisis Pengaruh Profitabilitas (Profitability) Dan Tingkat Pertumbuhan (Growth) Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Real Estate And Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2007-2011)”. Jurnal FEB. Universitas Udayana. Vol 5.

Hanafi, Mamduh M. 2008. Manajemen Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta:BPFEUGM.

Hasan, Iqbal. 2009 . Analisis Data Penelitian Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Caps.

Husnan, Suad. 2008. Manajemen Keuangan: Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Yogyakarta: BPFE.

I Nyoman dan I Ketut. 2017. “Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. Jurnal Ekonomi. Universitas Semarang. Volume 1.

Isabella dan A.A Gde. 2017. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ilmiah Ekonomi. Universitas Negeri Surakarta. Volume.2, No.3.

Karina dan Titik. 2016. “Pengaruh Size, Growth, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan” menyatakan bahwa growth tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ekonomi Bisnis. Universitas Airlangga. Volume 1.

Kartika, Amaliya Viya, Topowijono dan M.G. Wi Endang. 2015. “Pengaruh Return On Assets, Return On Equity dan Assets Growth terhadap Dividend Payout Ratio (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)”. Jurnal FEB Manajemen.

Kartika, Amaliya Viya, Topowijono, dan M.G. Wi Endang. 2015. “Pengaruh Return On Assets, Return On Equity dan Assets Growth Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)”. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 1, No. 2.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Keown, Arthur J, David F. Scott, Jr., John D. Martin, J. William Petty. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Mardiyati, Umi; Gatot Nazir Ahmad dan Ria Putri. 2012. “Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2005- 2010”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 3, No. 1.

Martono, dan Harjito, Agus. 2011. Manajemen Keuangan Edisi 2. Yogyakarta: EKONISIA.

Mayogi, Dien Gusti, dan Fidiana. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen Dan Kebijakan Utang Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 5, Nomor 1, Januari 2016. ISSN : 2460-0585.

Muhardi, Warner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan: Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyawan, Setia. 2015. Manajemen Keuangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Murhadi, Warner R. 2013. Analisis Laporan Keuangan: Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Ningsih, dkk. 2014. “Effect Of Institusional Ownership, Asset Growth, And Profitability Foward Firm Value With Divident Policy As An Intervening Variable (Study On Lq-45 Companies Listed In Indonesia Stock Exchange In The Period Of 2009-2013). JOM Fekon Vol 1 No 2 University Riau.

Nirmala, Aulia, Moeljadi, dan Andarwati. 2016. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Kepemilikan Manajerial terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan Manufaktur di Indonesia (Perspektif Pecking Order Theory)”. Jurnal Aplikasi Manajemen Program Magister FEB Universitas Brawijaya. Vol. 14 No. 3.

Prastuti, Ni Kadek Rai dan Sudiartha. 2016. “Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur”. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 5, No. 3, 2016. ISSN: 2302-8912.

Priyastuty, Harning. 2014. “Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan” (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang listing di BEI tahun 2010-2013). Jurnal Ekonomi, Vol. 1 No. 1.

Putu Yunita Saputri Dewi, Gede Adi Yuniarta, dan Ananta Wikrama Tungga Atmadja, 2014. “Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ 45 di BEI Periode 2008-2012”. E-Jurnal S1 Akuntansi Universitas Pendidikan GaneshaI, Volume 2, No.1

Safitri, Hazlina dan Suwitho. 2015. “Pengaruh Size, Growth, dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderating Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 4, Nomor 6.

Safitri, Hazlina, dan Suwitho. 2015. “Pengaruh Size, Growth, dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderating Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 4, Nomor 6.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Kempat. Yogyakarta: BPFE.

Siregar, Sofyan. 2013. Metode Kuantitatif SPSS. Pernada Media.

Sofyaningsih, Sri dan Pancawati Hardiningsih.2008.“Ownership Structure, Dividend policy And Debt Policy And Firm Value”. Dalam Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, Volume 3 No. 1 Hal 68-87. Universitas Stikubank.

Suastini, Ni Made, Ida Bagus Anom Purbawangsa, dan Henny Rahyuda. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi)”. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol.5, No.1, 2016:143-172, ISSN : 2337-3067.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan: Teori Konsep dan Aplikasi. Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. EKONISIA. Yogyakarta.

Suwardika, dan Mustaanda. 2017. “ Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti”. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6, No. 3, 2017 : 1248-1277. ISSN : 2302-8912

Syamsudin, Lukman. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan Konsep Apliksasi dalam perencanaan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Wahyudi, Untung dan Pawestri, H. P. 2006. “Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan: dengan Keputusan Keuangan sebagai Variabel Intervening”. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang. Hlm. 1-25.

Yuniati, Mei, dkk. 2016. “Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang Profitabilitas Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2014”. Journal Of Accounting. Volume 2 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v12i1.4439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats