MENGELOLA PERILAKU KEWIRAUSAHAAN MOMPRENEUR BERBASIS TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KOTA TANGERANG SELATAN

Ranthy Pancasasti, Enis Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mengidentifikasi faktor individu dan faktor eksternal dari mompreneur, (2) menganalisis pengaruh faktor individu dan faktor eksternal terhadap perilaku wirausaha mompreneur, (3) menganalisis pengaruh perilaku wirausaha terhadap kinerja usaha mompreneursebagai anggota Komunitas Bunda Online(KBO) Kota Tangerang Selatan, dan (4) menganalisis langkah strategis yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja usaha mompreneurdi Kota Tangerang Selatan. 

Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode Focus Group Discussion(FGD), Root Case Analysis (RCA), Analisis Tabulasi, dan Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) faktor individu direfleksikan oleh pelatihan, dukungan suami/keluarga, keinginan berprestasi dan motivasi berwirausaha. Faktor eksternal direfleksikan oleh peran komunitas, tumbuhnya usaha pendukung, dan tumbuhnya e-commerce. Perilaku wirausaha mompreneurdirefleksikan dalam sikap mandiri, fleksibel, risk taker, inovatif, dan percaya diri. Kinerja usaha mompreneurdirefleksikan dengan pendapatan, daya tahan usaha, dan wilayah pemasaran, (2) faktor individu berpengaruh positif terhadap perilaku wirausaha. Keinginan berprestasi merupakan faktor individu dari anggota KBO yang memiliki pengaruh paling besar (LF=0.914). Faktor eksternal berpengaruh positif terhadap perilaku wirausaha. Tumbuhnya e-commercemenjadi variabel yang paling menggambarkan faktor eksternal dari anggota KBO (LF=0.849), (3) perilaku wirausaha berpengaruh positif terhadap kinerja usaha dimana sikap fleksibel merupakan variabel yang paling menggambarkan perilaku wirausaha (LF=0.876). Wilayah pemasaran paling baik dalam merefleksikan kinerja usaha mompreneur(LF=0.901), dan (4) Upaya yang dapat dilakukan untuk mendukung peningkatan kinerja usaha mompreneur

Keywords


Mompreneur; Teknologi Informasi Dan Komunikasi; Perilaku Wirausaha; dan Kinerja Usaha

Full Text:

PDF

References


Ahl H. 2006. Why Research on Women Entrepreneurs Needs New Directions; Entrepreneurship. Theory and Pactice. 30:5, 595-621.

Alma B. 2010. Kewirausahaan. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Badan Pusat Statistik. 2016. Buku Statistik Indonesia. BPS Jakarta. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Banten. 2016. Banten Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Banten, Serang.

Casteleijn O. R. 2014. Comparing Sense-Making of Identities of Momprenuers in Malta and Finland. [Thesis]. Departement of Management and International Business Aalto University School Business.

Costin Y. 2012. ICT as an Enabler for Small Firm Growth; The Case of the Mompreneur [Internet]. hlm 1-3 [diunduh 2016 2 November]; Ireland (IE): University of Limerick. Tersedia pada http://www.igiglobal.com/book/regional-development-concepts-methodologies-tools/60787.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Provinsi Banten. 2016-2017. UMKM Banten: Peluang, Tantangan, dan Hambatan. Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Provinsi Banten, Serang.

Delmar F. 1996. Entrepreneurial Behaviour and Business Performance. [Dissertation]. Stockholm: Ekonomiska Forknings Institute.

Ekinsmyth C. 2011. Challenging the Boundaries of Entrpreneurship. The Spatial and Practices of the UK Mompreneurs. Geoforum 42(1); 102-114.

Fauziyah D. 2015. Pengaruh Karakteristik Peternak Melalui Kompetensi Peternak Terhadap Kinerja Usaha Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Bandung. [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Himam F, Saputri R K. 2015. Mindset Wanita Pengusaha Sukses. Jurnal Priskologi Volume 42 No. 2 Agustus 2015; 157-172.

Huet K R, Vial V, d’Andria A. 2013. Mumpreneurship: An New Concept for an Old Phenomenon? Inetrnational Journal of Entrepreneurship and Small Business. DOI 10.1504/ IJESB.2013.054966.

Ilmer J. 2016. Why are 10 Million Moms Missing from The Workplace. [diuduh pada 2016 26 May]. Tersedia pada https://www.entrpreneur.com/article/274568.

Jean M dan Forbes C.S. 2011. Mompreneurs: An Exploration of Their Entrepreneurial Reality [Internet]. Journal of Business Diversity vol. 12(2) 201. Montreal, Canada (CA). hlm 1-19 [diunduh 2016 20 Oktober]. Tersedia pada: http://t.www.na-businesspress.com/JBD/JeanM_Web12_2_.pdf.

Korsgaard S. 2007. Mompreneurship as a Challenge to the Growth Ideology of Entrepreneurship, Kontur, Vol. 16, No. 1 [diunduh 2016 23 November]. Tersedia pada http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.627.5357&rep=rep1 &type=pdf.

Martauli E.D. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Wanita Wirausaha Kerupuk Udang Di Provinisi Jambi [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Nurhayati P, Sarianti T, Daryanto HK, Muflikh YN.2011. Analisis Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Kinerja Wirausaha Pada Unit Usaha Kecil Menengah (Agroindusri) Di Kabupaten Bogor. Prosiding Seminar Penelitian Unggulan Departemen Agribisnis 2011.

Sari. 2016. Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Gula Aren Di Kabupaten Lombok Barat [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Tambun T. 2012. Wanita Pengusaha UMKM Di Indonesia: Motivasi Dan Kendala. Jakarta (ID): Lembaga Penelitian Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jte.v12i1.4440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Tirtayasa Ekonomika

View My Stats