HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANGTUA DAN PEYEDIAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatiaan orangtua dengan kemampuan membaca permulaan, hubungan antara penyediaan APE dengan kemampuan membaca permulaan, dan hubungan antara perhatiaan orangtua dan penyediaan APE dengan kemampuan membaca permulaan di TK Sekecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi korelasi. Populasi berjumlah 65 orang anak TK se-Kecamatan Gunung Kencana dengan jumlah sampel adalah seluruh jumlah populasi. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Gunung Kencana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif Perhatian Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada siswa TK se-Kecamatan Gunung Kencana, dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien korelasi rx1y sebesar 0,704. (2) Terdapat hubungan Penyediaan Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Kecamatan Gunung Kencana, dapat dilihat dari besarnya nilai koefisien korelasi rx1y sebesar 0,714. (3) Terdapat hubungan Perhatian Orang Tua dan Penyediaan Alat Permainan Edukatif (APE) secara simultan Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada anak TK Se-Kecamatan Gunung Kencana. Ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = a + b1 X1 + b2 X2 = 0,510 + 0,720X1 + 0,189X2. Koefisien regresi sebesar 0,720 dan 0,189 menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor atau nilai Kemampuan Membaca Permulaan akan memberikan peningkatan skor sebesar 0,510. Untuk melihat besarnya hubungan ketiga variabel ditunjukan dari besarnya nilai koefisien korelasi rx1x2y sebesar 0,721. dengan nilai koefisien determinasinya sebesar 0,520.
Kata Kunci : perhatian orang tua, penyediaan alat permainan edukatif (APE) dan kemampuan membaca permulaan.
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib Zainal. 2012. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Nuansa Aulia, Bandung.
Akbar, Reni & Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak, Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta: Grasindo
Andang Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Arikunto, Suharsini. 2012. Prosedur penelitian suatu pendekata praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Asyaruddin, yosi, dan Abdillah Obid. 2004. Pendidikan Anak Muslim. Jakarta: Mustaqim.
Ahmadi, Abu, & Supriyono, Widodo. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
_______________. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta. .
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. (2009). Psikologi umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. (1996/1997). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dyer, Laura. 2009. Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak. Jakarta: kelompok Gramedia.
Dhieni, Nurbiana, dkk 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Hujair AH.
Gunarti, 2017. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak usia Dini. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.
Gunarso, Singgih. D. 1996. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta : BPK Gunung.
Hurlock, Elizabeth. 1999. Pengembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenaga Perguruan Tinggi: Jakarta.
_______________. 2007. How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. Jakarta: Enno Media.
Hidayat, Heri, & Aisyah, Siti. 2013. Read Interest CoRelational With Student Study Performance In IPS Subject Grade IV (Four) In State Elementary School 1 Pagerwangi Lembang ( Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Page rwangi Lembang.
Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.
Jamaris, Martini. 2003. Perkembangan Dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak_kanak, Pedoman Bagi Orang Tua Dan Guru. Jakarta: Program Studi Pendidikan Usia Dini PPS Universitas Negeri Jakarta
Marrahimin, Ismail. 1991. Mengajar Bayi Anda Membaca / Glenn Doman. Gaya Favorit Press: Jakarta.
Mursid. 2017. Pengembangan Pembelajaran Paud. Bandung: Rosda Karya.
Mustofa, Bisri. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Panama Ilmu.
Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhyidin, dkk. 2004. Ensiklopedia PAUD Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Insan Madani.
Musbikin, Imam. 2006. Mendidik Anak Kreatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media
Megawanggi, ratna, Melibatifah, & Dina, Farrah, Wahyu. 2008. Pendidikan Holistik. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
_______________. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Nasser, Ramzi. 2013. A Literacy Exercise: An Extracurricular Reading Program as an Intervention to Enrich Student Reading Habits in Qatar (Literatur latihan: Program Ekstrakurikuler Membaca sebagai Usaha untuk Meningkatkan Kebiasaan Membaca Siswa di Qatar.
Nurbiana, Dhieni. 2009. Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka: Jakarta
Nyalimun. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreatifitas. Aswaja: Yogyakarta.
Prawira, Atmaja Purwa. 2014. Psikologi Umum Dengan Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Purwanto, Ngalim. 2012. Administrasi dan supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rachmawati, Mia. 2017. Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran AUD. Tanggerang Selatan: Karya Indonesia
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara: Jakarta.
Rolina, Nelva. 2012. Alat Permainan edukatif Anak Usia Dini. Ombak. Yogyakarta. Siregar,
Santrock. 2004. Psikologi Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Seefeldt, carol & Wasik, Barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini, Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: Indeks.
Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Suryadi. 2007. Cara Efektif Memaham Perilaku Anak Usia Dini.Jakarta: EDSA Mahkota
Singgih Gunarso. D. 1996. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta : BPK Gunung.
Sunarsih, Tri. 2018. Tumbuh Kembang Anak. Bandung: Rosda Karya.
Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.
Saputra, Yudha & Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional DIrektorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja grafindo persada
Suryanti, & Haryanto, Samsi. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Sikap Sosial Terhadap Prestasi Belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar.
Shofaussamawati, 2014. Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan pada AnakSsejak Dini.
Sugihartono. 2007: Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Uny Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
_______________. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2008. Evaluasi pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara
Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.
Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca. Bandung: Angkasa Bandung
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain, Mainan, Dan Permainan. Jakarta: Grasindo.
Tedjasaputra, Meyke, 2001. Bermain, Mainan dan Alat Permainan. Jakarta:Gramedia WidiasaranaIndonesia.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Walgito, Bimo. 2008. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Woolpolk, Anita. 2009. Educational Psychology, Active Learning Edition,Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yupi, Supartini. 2004. Buku Ajar Konsep Keperawatan Dasar Anak. Jakarta : EGC.
Zaman, Badru. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Zaman Badru, dkk. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Zubaidah, Enny. 2003. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v7i1.10672
Refbacks
- There are currently no refbacks.