MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPETENSI GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan teknologi informasi dengan kompetensi guru dan efektivitas pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teori Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan pendekatan analisis korelasi. Sampel diambil sebanyak 89 guru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui program SmartPLS versi 2.3.m3. Hasil pengujian menunjukkan ada hubungan langsung yang signifikan antara kemampuan teknologi informasi dengan kompetensi guru dan efektivitas pengelolaan pembelajaran, dan ada hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dengan efektivitas pengelolaan pembelajaran.
Kata kunci: Kompetensi, Pengelolaan Pembelajaran, dan Kemampuan Teknologi Informasi
Full Text:
PDFReferences
Batubara, Delila Sari. 2017. Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 3, Nomor 1, ISSN: 2476-9703
Finch, C. dan Crunkilton, J.R. 2013. Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning Content and Implementation. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) Kabupaten/ Kota di Provinsi Banten, diolah dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan www.kemendikbud.go.id
Kusnandar. 2014. Guru Profesional Implementasi Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, Enco. 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tanggal 4 Mei 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Sahertian, Piet.A. 2014. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Uno, Hamzah. 2013. Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang mempengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini. 2015. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v7i1.10673
Refbacks
- There are currently no refbacks.