PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGENALAN KEBAHARIAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan bahan ajar pengenalan kebaharian model pembelajaran webbed yang dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian berjumlah 24 anak di TK Aisyiyah Panyaungan Kabupaten Lebak-Banten. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model Borg dan Gall. Hasil observasi awal kecerdasan naturalis anak masih rendah. Faktor penyebabnya yaitu; (1) anak tidak dikenalkan pada lingkungan terdekat, (2) guru tidak mampu menyusun pembelajaran webbed, (3) tidak ada tema khusus tentang kebaharian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kebaharian layak digunakan dengan nilai sebesar 72% diperoleh dari ahli materi, dan nilai sebesar 90% diperoleh dari ahli media. Bahan ajar kebaharian ini juga efektif meningkatkan kecerdasan naturalis anak, dari nilai sebesar 54% saat observasi awal kemudian meningkat menjadi 81% setelah diujicobakan produk. Dengan demikian bahan ajar kebaharian ini efektif dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak tentang kebaharian. Pemahaman anak terhadap kebaharian menjadi bertambah, anak mampu mengetahui gejala tsunami, nama-nama ikan dan benda-benda yang ada di laut, mampu membuat aquarium, mengetahui cara kerja nelayan, mengetahui pentingnya laut untuk kehidupan, dan lain-lain.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Kebaharian, Model Pembelajaran Webbed, Kecerdasan Naturalis
Full Text:
PDFReferences
Asmani, Jamal Ma’mur. 2015. Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta: Diva Press.
Awalludin. 2017. Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish
Kelana, Jajang Bayu dan Fadly Pratama. 2019. Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: LEKKAS
Latif, Mukhtar. dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan Aplikasi. Jakarta. Prenada Media Group
Mustofa, Dedi dkk. 2018. Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penulisan. Bandung: Alfabeta
Sholeh, Khabib., dkk. 2016. Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jubaidah, Siti., Mantasiah, dan Yusri. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. Volume 20 Nomor 2
Kusuma, Gede T.A., Made Agus Wirawan dan Ketut Resika Arthana. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Berbasis Virtual Reality. Jurnal JANAPATI Volume 6 Nomor 3
Siswanto, Heni Waluyo. 2018. Pendidikan Budaya Bahari Memperkuat Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS). Volume 27 Nomor 2
www.kemendikbud.go.id (Diunggah pada 15 Januari 2018)
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v7i1.10675
Refbacks
- There are currently no refbacks.