PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Imam Nur Rahman, Sholeh Hidayat, Lukmanul Hakim

Abstract


Bahan ajar adalah bagian dari komponen pembelajaran secara keseluruhan yang mempunyai peranan penting. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk bahan ajar dalam bentuk LKPD berbasis pembelajaran kontekstual. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan digunakan model penelitian R$D (Research and Development). Fokus pengembangan adalah pada pembelajaran IPA di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain LKPD berdasarkan karakteristik siswa kelas V, implementasi, evaluasi dan kepraktisan LKPD berbasis pembelajaran kontekstual yang telah dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. LKPD yang dikembangkan mengandung komponen pembelajaran kontekstual yang terdiri dari kegiatan percobaan dan pengamatan (2) LKPD berbasis pembelajaran kontekstual pada aspek kelayakan isi sangat layak, kelayakan penyajian sangat layak, penilaian pembelajaran kontekstual sangat layak dan kelayakan kegrafikan sangat layak (3) LKPD berbasis pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t bernilai 0.000 < 0,05. (4) respons siswa dan guru setelah penggunaan LKPD secara klasikal sangat menarik, Simpulan penelitian ini adalah LKPD yang dikembangkan berkarakteristik pembelajaran kontekstual, LKPD valid, meningkatkan hasil belajar dan praktis untuk pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: pembelajaran kontekstual; LKPD; Research and Development


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Awalluddin, dkk. 2008. Statistika Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

BSNP. 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Glynn, Shawn M. And Linda K. Winter. 2004. Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education Vol 16 (2) 51-63.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama. Prastowo, Andy. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press. Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sugiarti dan Patta Bundu. 2014. Contextual Chemistry Based on Learning Environment (PKKBL) T0 Improve Student Learning Outcomes And Academic Honesty For Junior High School. Journal of Education and Practice. Vol 5 (2):140-143.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wisudawati, Asih widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiraguna, dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SD Gugs IV Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 (1).

Zulaiha, R. 2008. Analisis Butir Soal Secara Manual. Jakarta: Depdiknas.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan.

Helminsyah dan Anwar Husein. 2012. Pengaruh Pembelajaran CTL Dalam Meningkatkan Ketuntasan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa 70-86.

Muhlisin, Ahmad. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis CTL dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Tema Polusi Udara. Journal of Educational Research and Evaluation 1 (2).

Setyorini, W. dan P. Dwijananti. 2014. Pengembangan LKPD Fisika Terintegrasi Karakter Berbasis Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Unnes Physics Education Journal 3 (3).

Wiraguna. dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan CTL Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA siswa Kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.