PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERORIENTASI HOTS PADA MATERI IPA

Eneng Hikmah Dewi Puspita, Sholeh Hidayat, Lukmanul Hakim

Abstract


Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran di kelas IV SDN Batok Bali adalah guru belum terbiasa membuat LKPD sendiri, LKPD yang digunakan masih berasal dari penerbit, dan guru masih belum tahu mengenai LKPD higher order thinking skills. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas atau kelayakan pembelajaran menggunakan LKPD berorientasi HOTS pada materi IPA semester 2. Hasil uji ahli materi memperoleh skor rata-rata keseluruhan 85% dengan kriteria sangat baik atau media tersebut kualifikasinya sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran. uji ahli media memperoleh skor rata-rata keseluruhan 80% dengan kriteria baik atau media tersebut kualifikasinya baik untuk digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, ADDIE


Full Text:

PDF

References


Aryandi, Ari Wahyu. (2018). Mengenal Sains. Jakarta: PT. Sarana Panca Karya Nusa.

Hamdani.(2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kurniaman dan Eddy. (2013). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Tersedia Online di Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 6 | Nomor 2 | Oktober 2017 | ISSN: 2303-1514.

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan ini Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Megahati and Febri. (2017). Development of students worksheet based on mastery learning in crossing-over field concept of genetic subject. Tersedia Online di Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 18, Issue 2, Article 10, p.2.

Muniroh. (2015). Sistem Pendidikan Di Indonesia. Tersedia Online di Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245.

Rusman. (2014). Model–Model Pembelajaran(Pengembangan Profesional Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukardi. (2007). Metodologi PenelitianPendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Soesanti, dkk. (2019). Paket unit Pembelajaran PKP Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan .Bandung: Alfabeta

Teti dan Gullam. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Hots Berdasarkan Taksonomi Bloom di Sekolah Dasar. Tersedia Online di Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar- Vol. 5. No. 3 (2018) 45-58 .

Panduweni, Andri. (2009). IPa Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jakarta: IntanPariwara

Usman. (2006). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, Slamet. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar.Tersedia Online di JPIS | Volume 26, Nomor 2, Desember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.