HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA (PARENTING STYLE) DAN BUDAYA LOKAL DENGAN PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Gusti Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk : 1). Mengetahui hubungan antar pola asuh (Parenting Style)  2). Mengetahui hubungan antara Budaya Lokal dengan pengembangan karakter anak di Pusat PAUD Bahari  3). Mengetahui hubungan pola asuh orang tua (parenting style) dan Budaya Lokal secara bersama sama dengan pengembangan karakter anak di Pusat PAUD Bahari Desa Panggarangan Kecamatan Panggarangan yang telah dilaksanakan pada bulan Pebruari 2019.  Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa di Pusat PAUD Bahari tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 95 orang dan di ambil sample hanya 68 responden yang dioleh dengan menggunakan rumus uji Korelasi Ganda untuk mengetahui hubungan pola asuh dan budaya dengan perkembangan karakter anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional dan di olah dengan menggunakan data statistik untuk menganalisis hubungan antara pola asuh dan budaya terhadap pengembangan karakter anak di Pusat PAUD Bahari. Hasil dan temuan penelitian ini yaitu menunjukan terdapat  hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh, budaya dan karakter dengan nilai koefisien korelasi berganda  dengan nilai R 0.997 dan Rsquare 0,993. Hal ini berarti terdapat hubungan antara pola asuh dan budaya lokal terhadap perkembangan karakter anak kecenderungan 99,3%. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Budaya Lokal Terhadap Perkembangan Karakte Anak Usia 5-6 Tahun di Pusat Paud Bahari Desa Panggarangan Kec Panggarangan.

 

Kata kunci : pola asuh orang tua, budaya lokal, karakter


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian PendekatanPrakti. Jakarta: Renika Cipta

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdullah, Amin. 2002. Filsafat Etika Islam Antara Al-Ghazali dan Imanuel Kant. Bandung: Mizan.

Koentjaraningrat, 2004. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta : Gramedia.

Agustian, Ary Ginanjar. 2007. Emotional Spritual Quotient. Jakarta: Arga Publishing.

Azis, Abdul Hamka. 2012. Pendidikan Karakter Berpusat Pada Hati. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Bambang, Q-Anees dkk. 2008. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bialik, Maya at. Al. 2015. Character Education For The 21 Century. Boston: Center for Curriculum Redesign.

Chatib, Munif. 2012. Orangtuanya Manusia. Bandung: Kaifa.

El-Khuluqo, Ihsana. 2015. Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Erlina & S. Mulyani. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akutansi dan Manajemen. Medan: USU Press.

Furqon, 2011. Statistik Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Getut, Pramesti. 2014. Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22.0. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hamid, Said Hasan. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas.

Harianti, Rini & Suci Amin. 2018. Pola Asuh Orang Tua dalam Motivasi Belajar Anak. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Irianto, Agus. 2010. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi dan Konsep Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kemendiknas. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025.

Koesoema, Doni A. 2015. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Kompas Gramedia.

Lickona, Thomas. 2013. Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhyidin, Muhammad. 2005. Manajemen Jiwa. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Nata, Abudin. 2003. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Puskur. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Balitbang Kemendiknas.

Pupitawati, Herien & Ma’mun Sarma. 2012. Sinergisme Keluarga dan Sekolah. Bogor: IPB Press.

Septiari, Beti Bea. 2012. Mencetak Balita Cerdas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Shochib, Moh. 2014. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Supramono & Sugiarto. 1993. Statistika. Yogyakarta: Andi Offset.

Suwaid, Abdul Hafidh. 2004. Cara Nabi Mendidik Anak.Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat.

Samani, Muchlass & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, Maulidya & Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masyarakat tradisional dan masyarakat modern

Online : http:/imaranuad.wordpress.com/2011/05/19/123 ( diakses 20 Januari 2019)

Widiosiswoyo, Supartono. 2009. Ilmu Budaya Dasar. Bogor, ghalia Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v7i1.10680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.