HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KOTA TANGERANG

Mulyono Sobar, Suherman Suherman, Suparno Suparno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah hubungan maupun tingkat kekuatan hubungan antara lingkungan kerja dan motivasi   kerja dengan kinerja guru Sekolah Menengan Pertama (SMP) Negeri di Kota Tangerang.  Dalam mencapai tujuan dan  sasaran  tersebut,  metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru guru SMP Negeri di Kota Tangerang dengan jumlah sampel guru sebanyak 163 orang. Analisis   yang   digunakan   adalah   analisis   regresi   berganda.   Hasil   penelitian menunjukkan; Dari hasil perhitungan ANOVA dan regresi linear diperoleh bahwa persamaan  regresi  Ŷ  =  58,835  +  0,213X1    +  0,525X2   dengan  koefisien  regresi lingkungan kerja guru   sebesar 0,213 menunjukkan bahwa setiap penambahan nilai lingkungan kerja guru sebesar 1 akan meningkatkan nilai kinerja guru sebesar 0,213. Sedangkan koefisien regresi motivasi kerja sebesar 0,525 menunjukkan bahwa setiap penambahan  nilai  motivasi  kerja  sebesar  1  akan  meningkatkan  nilai  kinerja  guru sebesar 0,525.  Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig = 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 100.441 > Ftabel  = 3,90, maka H0  ditolak yang berarti bahwa koefisien regresi ganda tersebut sangat signifikan. Dengan kata lain bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan variabel bebas lingkungan kerja guru (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama dengan variabel terikat kinerja guru (Y).Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel lingkungan kerja guru dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru.

Kata kunci : Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Kutipan buku Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmawi, Sahlan. 2003. Aplikasi Psikologi Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: Pusgrafin.

Danim Sudarwan, 2004, Motivasi Pendidikan dan Efektivitas Kelompok, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Evans, James . 2005. Total Quality: Management, Organization, and Strategy. Canada: South-Western Thomson.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilyas, Y., 2005. Kinerja. Teori, Penilaian dan Penelitan, Jakarta: FKM UI.

Ivancevich, John M. 2010. Human Resource Management. NewYork: McGraw Hill.

Jamaris Martini, 2010, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta: Yayasan Panamas Murni, cet. I

Kompri, 2015, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2007. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis, Robert L. dan Jackson. John H. 2006. Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Mullins, Laurie J.2005. Management and Organization Behavior. Edinburgh, Harlow, Essex: Prentice Hall.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen dan Kepemipinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Murwani, Santosa. 2017. Metode Penelitian Ilmiah. Jakarta: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Nawawi, Ismail. 2017. Budaya Organisasi, Kepemimpinan & Kinerja. Jakarta: Prenadamedia.

Nitisemito, Alex. 2006. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurdin, Muhammad, 2008, Kiat Menjadi Guru Profesional, Pengantar Ainurrofiq Dawam, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Konstekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.

Nurkholis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Prawirosentono, Suyadi. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta:BPFE.

Priyatno, Duwi. 2017. Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rahman, et all. 2006. Peran Strategis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqa Print.

Rivai, Veithzal, Sylviana Murni. 2010. Education Management (Analisis Teori Dan Praktik), Jakarta: Rajawali Press.

Robbins, Stephen P. 2003. Organisasi Behavior. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Rucky, Ahmad S. 2002. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Sahertian

Piet A. dan Ida Aleida Sahertian, 2000. Supervisi pendidikan dalam rangka inservice Education. Jakarta : Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.