PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN MODEL PERENCANAAN PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD

Lina Ika Rini, Isti Rusdiyani, Fadlullah Fadlullah

Abstract


Pendidik anak usia dini ‘Aisyiyah dalam melakukan pengenalan Al Islam dan Kemuhammadiyahan pada peserta didik masih banyak dalam bentuk kegiatan pembiasaan. Pendidik dalam membuat perencanaan pembelajaran pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan hanya fokus pada kompetensi Dasar Nilai Agama dan Moral (NAM) dan difokuskan pada sentra tertentu atau sentra agama (imtaq). Pengenalan Al Islam dan Kemuhammadiyahan pada pendidikan anak usia dini dikembangkan melalui kurikulum 2013. PAUD yang bermuatan AL Islam dan Kemuhammadiyahan, sesuai visi,misi dan tujuan pendidikan anak usia dini ‘Aisyiyah dalam bentuk buku pedoman model perencanaan pembelajaran. Pendekatan dan metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model BORG and Gall dengan metode kualitatif  dan  kuantitatif.  Skala  yang  digunakan  adalah  skala  Likert.  Subjek  penelitian sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman pengembangan perencanaan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan layak digunakan dengan nilai sebesar 82% diperoleh dari ahli Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan nilai sebesar 68% diperoleh dari ahli kurikulum pada draf pertama. Ahli kurikulum pada draft ke dua setelah revisi memberikan nilai sebesar 87%. Buku pedoman pengembangan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dengan observasi awal sebesar  44,86%  (30  responden  )  kemudian  meningkat  setelah  diujicoba  dengan  buku pedoman pada tahap pertama sebesar 83,2% (10 responden) dan tahap kedua sebesar 84,8% (20 responden). Dengan demikian buku pedoman pengembangan perencanaan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan  mampu meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik.

 

Kata Kunci : buku pedoman, Al Islam dan Kemuhammadiyahan, perencanaan pembelajaran, kompetensi pedagogik


References


Arifin,Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asmawati,Luluk. Perencanaan Pembalajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Pribadi,A Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Dacholtany,Ihsan.M dan Hasanah,Uswatun. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Fadlullah. 2018. Pengantar Pendidikan Marambah Jalan Menuju Sekolah Ketahanan Pangan. Serang: Untirta Press.

Hamalik,Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Harjanto. 2011. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Husnah,Difa’ul dan Affandi,Ahmad. 2018. Pendidikam Kemuhammadiyahan SMA/SMK/MA Muhammadiyah, Yogjakarta: Gramasurya.

Lestariningrum,Anik. 2017. Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Nganjuk: CV Ajie Media Nusantara.

Mulyasa,E. 2011. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pribadi,A Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.

Sagal,Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabetha.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Tanfidz Keputusan Tanwir II’Aisyiyah periode 2015-2010,Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah. 2019.

Mahasri Shobahiya, Ari Anshori. 2012. Materi Dan Strategi Pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan Bagi Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal se Kartasura Sukoharjo. Vol.10,No 1.Hal 44-6.

Miarso, Yusufhadi,2011. Survei Model Pengembangan Instruksional.makalah yang disampaikan sebagai bahan ajar kuliah mahasiswa S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.