PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK

Halimatu Sadiah, Suherman Suherman, Luluk Asmawati

Abstract


Masa anak usia 5 – 6 tahun adalah masa keemasan (golden age), sehingga pada masa tersebut perkembangan dan pertumbuhan anak sangat penting, diantaranya adalah perkembangan kemampuan kognitif dan bahasa anak. Kemampuan kognitif dan bahasa anak didik di TK PGRI 1 Rangkasbitung masih belum memuaskan, sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang tepat guna meningkatkannya. Dalam hal ini, pembelajaran melalui permainan sains adalah salah satu upaya yang dipraktekan oleh TK PGRI 1 Rangkasbitung. Atas dasar itu, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran sains untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun, (2) implikasi penerapan pembelajaran sains untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun, (3) faktor- faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran sains, (4) hasil evaluasi capaian perkembangan  kemampuan kognitif pada pembelajaran sains, dan (5) hasil evaluasi capaian perkembangan kemampuan bahasa pada pembelajaran sains. Metode penelitian  adalah  metode  kualitatif  dengan  teknik  analisis  menggunakan  model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran sains pada TK PGRI 1 Rangkasbitung yang perencanaan dan pelaksanaan telah berjalan dengan baik, (2) Implikasi dari pembelajaran sains adalah adanya peningkatan semangat dan keinginan  anak  untuk  berpartisipasi  secara  aktif  dalam  kegiatan  pembelajaran,  (3) Faktor-faktor pendukung diantaranya: dukungan (dana, alat, dan bahan) dari sejumlah pihak, keterampilan dan pengetahuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran sains, sikap antusias dan semangat anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah keterbatasan anggaran, waktu, dan keterbatasan sarana dan prasarana penunjang,  (4)  hasil  evaluasi  terkait  kemampuan  kognitif anak  didik  TK PGRI 1 Rangkasbitung kurang lebih 60% berada pada kategori di atas cukup baik, dan (5) hasil evaluasi terkait kemampuan bahasa anak didik TK PGRI 1 Rangkasbitung lebih dari 60% berada pada kategori di atas cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK PGRI I Rangkasbitung.

 

Kata Kunci: Pembelajaran sains, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa


Full Text:

PDF

References


Crain, W. 2012. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Kellough, R. D. 2012. Integrating Mathematic and Science For Kindergarten and Primary School. Collumbus, Ohio : Merril Prentice Hall.

Masitoh et all., 2014. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Missunita. 2011. Mendampingi Anak Belajar Menulis. [Online]. www.missunita.wordpres.ctm. Diakses tanggal 4 Maret 2020 [Tersedia].

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Nurani, Y. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks. Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Prasetyono, D. S. 2010. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaxa pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Think.

Pudjiati, S. R. R. dan Masykouri, A. 2011. Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.

Rosalina. 2011. Peningkatan kemampuan bahasa anak usia dini melalui kegiatan bermain. PSYCHO IDEA, 1(9).

Salira dan Syarum, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Cipta Pustaka.

Santrock, J. W. 2017. Perkembangan Anak, Child Development, Eleventh Edition. Jilid 5. Jakarta: Erlangga.

Solehuddin, A. dan Nuraeni. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, A. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada.

Syaodih, E. 2011. Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Winarti dan Karyadi. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Witdarmono, H. 2012. Pendidikan Dini: Manfaatkan Kesempatan Sebelum Terlambat. [Online]. www.kompas.com. Diakses pada tanggal 3 Maret 2020 [Tersedia].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.