PENERAPAN PROGRAM PARENTING PAUD HOLISTIK INTEGRATIF (HI) DALAM MENGOPTIMALKAN TUMBUH KEMBANG DAN PERLINDUNGAN ANAK USIA DINI

Aty Sofiaty, Suherman Suherman, Luluk Asmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk Memperoleh informasi yang jelas, mendalam dan komprehensif tentang penerapan Program kegiatan Parenting Holistik Integratif (HI) dalam  mengoptimalkan  tumbuhkembang dan serta  perlindungan AUD Usia 5-6 tahun. Subjek penelitian adalah 1 orang Kepala Sekolah TK Negeri Pembina, 3 orang Guru TK  kelas B dan orangtua anak TK kelas B sebanyak 42 orang dengan lokasi penelitian di TK Negeri Pembina Kecamatan Rangkasbitung. Dengan menggunakan penelitian Kualitatif Analisis Isi diperoleh hasil penelitian Penerapan kegiatan Parenting Holistik Integratif (HI) dalam    mengoptimalkan tumbuhkembang AUD Usia 5-6   tahun telah disusun secara terprogram dan dilaksanakan dengan baik Peran Kepala sekolah dan guru telah optimal, akan tetapi pemahaman orang tua masih terbatas dalam perlindungan Anak. Penguatan Karakter Telah berlangsung dengan cukup baik, dalam aspek Karakter kemandirian masih memerlukan bimbingan guru dan orangtua.

 

Kata kunci:  Parenting,  PAUD  Holistik  Integratif;  Tumbuhkembang  dan Perlindungan


Full Text:

PDF

References


Akmal Yenina.dkk. 2013. Bunga Rampai Pendidikan Anak Usia DIni ( Sebuah Kumpulan Materi PAUD).Jakarta:FIP Press.

Afrizal.2014. Metode Penelitan Kualitatif,sebuah upaya mendukung penggunaan penelitan kualitatif dalam berbagai disilpin ilmu.Jakarta: Rajawali.

Berk Laura. E K.2012. Development Through The Lifespan Dari Pranatal Sampai Remaja (Transisis Mejelasn Remaja). Pustaka Pelajar : Yogyakarta. Brooks, J. 2011. The Process of Parenting. Terjemahan Fajar, R. 2011. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Creswell.John W.2012. Educational Research Palanning,Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Resech.Unversity Of Nabraska- Lincon.Pearson.

Dirjen PAUD dan Dikmas 2015 Norma Standar Prosedur dan Kriteria Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Jakarta.

Emzir.2015.Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Fraenkel, Jack R. dan Norman E.Wallen. 2007. How to Design and Evalute Researche in Education. New York: Mc Graw-Hill Inc

Hurlock Elizabeth, 2010. Perkembangan Anak. Erlangga : Jakarta.

Jamaris Martini. 2013. Orientasi Baru Dalam Psiokologi Pendidikan, Ghalia Indonesia : Bogor.

Joyce P.Gall Meridith D. Gall dan Walter R Borg. 2007. Educational Research Eighth Edition.Person Education.

Megawangi.dkk. 2013,Pendidikan Holistik. Indonesia Heritage: Bogor, Miles,Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Morrison George.S.2012 Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.edisi lima.Indeks:Jakarta.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurani. Y. 2012.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia DIni.Jakarta : Indeks.

Papalia Diane E, Sally Wendkos Old dan Ruth Duskin Feldmen.2008.Human Development (psikologi Perkembangan bagian 1 s.d IV.The McGraw Hill Companies, Kencana : Jakarta.

Roopnarine.JaipulL dan James Johnson.2011.Pendidikan Anak Usia DIni dalam Berbagai Pendekatan.Jakarta:Kencana Preda Media Group.

Peraturan Presiden nomor 60.Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.Jakarta.

Permendikbud nomor 137 tahun 2014. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini : Kemdikbud.

Santrock Jhon.W. 2012 . Psikologi Pendidikan. Kencana Prenada Media ; Jakarta. Slavin Robert.2008. Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik Edisi Kedelapan. Indeks” Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kombinasi (Moxed Methods), Bandung Alfabeta.

Ahmad Aly S.Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education: Parenting Dan Pelibatan Orang Tua Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto. (Jurnal Al Hikmah , Mojokerto,2018)

Kartika Hajati. Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. (Indonesian Journal of Educational Science,September, 2018).

Lintang Damayanti. Partisipasi Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Program PAUD Di Kelompok Bermain ”PAUD Prima Sanggar I SKB Bantul”. (Jurnal UNY: Yogyakarta, 2011).

Prambawani, Saesti W. Parents Involevemnt In School Program In Wirobrajan Khalifah Kindergarten Yogyakarta, UM Press: Yogyakarta (Jurnal UM Yogya,2015).

Sigit Purnama dan Laily Hidayati. Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra (Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.