IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN TENTANG FULL DAY SCHOOL DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA DI SMP

Riris Andriani, Sholeh Hidayat, Lukmanul Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pendidikan tentang Full Day School dalam Menumbuhkan Karakter Siswa di SMPIT Al Itqon Kabupaten Tangerang. Sistem full day school merupakan model pendidikan yang sangat mendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Faktor pendukung maupun penghambat proses implementasi kebijakan full day school di SMPIT Al Itqon Kabupaten Tangerang ada di infrastruktur dan SDM, dan sekolah berusaha memperbaikinya (2) Kegiatan dalam menumbuhkan karakter siswa di SMPIT Al Itqon Kabupaten Tangerang dengan diterapkan nya pembiasaan karakter bagi siswa di sekolah. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem full day school dapat menumbuhkan karakter peserta didik dengan terbentuknya karakter- karakter religius, kedisiplinan, kerja keras, mandiri, dan karakter semangat kebangsaan bagi peserta didik, serta dapat membentuk akhlakul karimah siswa SMPIT Al Itqon Kabupaten Tangerang.

 

Kata Kunci : Penerapan Sistem Full Day School, Pembentukan Karakter


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Dian Andayani. 2012, Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Rosda Karya.

Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat.

Romli, Moch, ,Manajemen Pembelajaran di Sekolah Dasar Full Day School, Disertasi UM Malang,2004, 18.

Muchlas Samani, Hariyanto, 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.