HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan budaya organisasi dengan kompetensi kepribadian guru di SMA Negeri kota Cilegon. Dari populasi guru PNS di SMA Negeri kota Cilegon yang berjumlah 265 orang, sebanyak 73 orang sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan menggunakan pendekatan survey dan angket sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) secara parsial gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi kepribadian guru,dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.33 > r tabel, 0.2303, nilai sig 0,006 < 0,05, dan T hitung, 2,820 > T tabel, 1,994. Hal ini memgisyaratkan bahwa semakin efektif gaya kepemimpinan kepala sekolah akan semakin baik kompetensi kepribadian guru, 2) budaya organisasi memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kompetensi kepribadian guru, dengan nilai r sebesar 0.56 > r tabel, 0.2303, nilai sig 0,000, dan nilai T hitung, 5.70 > T tabel, 1.994, serta menunjukkan hubungan yang paling kuat. Dapat diartikan bahwa semakin kuat budaya organisasi maka semakin baik kompetensi kepribadian guru, 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kompetensi kepribadian guru, dengan nilai koefisien korelasi ganda 0.53 > r tabel 0.2303, pada nilai sig 0,000, dan F hitung 16,375 > F tabel, 3,13. Dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang semakin efektif dan budaya organisasi yang semakin kuat akan semakin memperbaiki kompetensi kepribadian guru.
Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan kompetensi kepribadian guru
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, PT. RINEKA CIPTA, Jakarta.
Daft, L, R. 2011. The Leadership Experience, Cengange Learning
Fahmi, I. 2017. Manajemen Strategis, Teori dan Aplikasi, PT.Alfbeta, Bandung.
Gibson, James L., John M. Ivancevich, and James H. Donnelly. 2006. Organization Behavior- Structure-Process, 7Ed, Erwin Homewood. Boston.
Griffin dan Morehead, 2010. Organizational Behaviour Managing People and Organization, South- Western, Cengage Learning.
Hersey, P. & Blanchard, K.H. 1988. Management of Organizational Behaviour (5 Ed.), pp. 169-201.
Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall. Ivancevich, J, M, Konopaske, R, Matteson, T, M 2014. Organizational Behavior & Management, The McGraw- Hill Companies, Inc.
Kartono, K,. 2016. Pemimpin dan Kepemimpinan. Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? Rajawali Pers, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
McShane & Von Glinow, 2018 Organizational Behaviour, The McGraw-Hill Companies, Inc.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Nahavandi, A .2018. The Art and Science of Leadership, Pearson Education
Robbins & Judge. 2017. Organizational Behaviour, Pearson
Robbins & Judge .2018. Essentials of Organizational Behaviour, Pearson
Schein, E, H. 2010. Organizational Culture and Leadership, JOSSEY- BASS A Willey Imprint
Singarimbun, M & Effendi, S. 1989, Metode Penelitian Survey, LP3ES.
Sudadio, 2019, Culinovpreneurship, Hari Depan yang ceria Satu Langkah dari Dirimu, Untirta Press.
Sugiyono, .2018. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, PT.Alfabeta, Bandung
Sule, E dan Saefullah,K .2009. Pengantar Manajemen, Kencana, Jakarta
Syarifudin, H.E. 2011. Manajemen pendidikan. Jakarta: Diadit Media
Veithzal, Hadad, Ramly. 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi PT. Rajagrafindo Persada Jakarta
Wibowo. 2018. Perilaku Organisasi, PT. Rajagrafindo Persada Jakarta.
Widoyoko, 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar, Jogjakarta
Bandura, A. 1977. Human Agency in Social Cognitive Theory. the American Psychological Association, Inc. 0003-066X/89/$00.75 Vol. 44, No. 9, 1175-1184
Ghunu,N (2018) Teacher’s Perception of Principal Leadership on Self-efficacy, 2nd International Conference on Research of Educational Administration and Management, Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 258
Handayani,T, Rasyid. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 3, No 2, September 2015 (264-277)
Labieq A, 2019. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen terhadap Kompetensi Guru di SMA PUQ/ SMK Almarwah, Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 3 No. 2/ Agustus 2019
Lee, A. N., & Nie, Y. 2017. Teachers’ perceptions of school leaders’ empowering behaviours and psychological empowerment: Evidence from a Singapore sample. Educational Management Administration & Leadership, 45(2), 260-283.
Mahri, A, J. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengaruhnya terhadap Kompetensi Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru serta Implikasinya pada Kinerja Guru, Kontigensi Volume 2, No. 1, Juni 2014, Hal. 39 – 54
Rini, 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kompetensi Kepribadian Guru SMPN Di Baradatu Way Kanan
Suwarto,dkk . 2018. The Effect of School Culture, Motivation, and Principal Leadership on Teacher Performance and Quality of Education (A Case Study of a Junior High School in Tangerang), International Journal of Computer Networks and Communications Security Vol. 6, NO. 8, Augst 2018, 165–172.
Syakir dan Pardjono, 2015. Pengaruh Kepemimpinan Kepala sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi Guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 3, N0 2, September 2015
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang guru dan dosen, Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007,tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Depdiknas. Jakarta. https://junaidichaniago.wordpress.com/201 0/04/21/download-tabel-t- untuk-d-f-1-200/
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v7i2.10689
Refbacks
- There are currently no refbacks.