EFEKTIVITAS MODEL PENYULUHAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI KESEHATAN REPRODUKSI KADER DI KOTA SERANG

Ilaika Maulida, Sholeh Hidayat, Romli Ardie

Abstract


Pengetahuan  dan  motivasi  kesehatan  reproduksi  penting  dalam  kehidupan individu karena terjadi pada setiap fase kehidupan. Kondisi yang ada saat ini keluarga tidak memperoleh edukasi mengenai kesehatan reproduksi sehingga berpengaruh terhadap pengetahuan dan motivasi. Data Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) Tahun 2019 menunjukkan bahwa informasi dan edukasi kesehatan reproduksi, khususnya kesehatan reproduksi remaja dari tenaga lini lapangan (kader) di Provinsi Banten hanya mencapai 29%. Ini menunjukkan bahwa peran kader dalam masih belum optimal sehingga perlu adanya peningkatan pengetahuan dan juga motivasi kader melalui penyuluhan berbasis kecakapan hidup (life skills). Penelitian ini menggunakan model pre- experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design, yaitu membandingkan pengetahuan dan motivasi kader sebelum dan sesudah perlakuan untuk mengetahui efektivitas penyuluhan berbasis kecakapan hidup (life skills). Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji paired-t test. Hasil penelitian terhadap 33 kader diperoleh nilai thitung pada taraf signifikansi 5% sebesar 39,040 untuk variabel pengetahuan dan 12,305 untuk variabel motivasi dengan nilai probabilitas P<0,05. Kesimpulan bahwa model penyuluhan berbasis kecakapan hidup (life skills) efektif terhadap peningkatan pengetahuan dan motivasi kesehatan reproduksi kader di Kota Serang.

 

Kata kunci : efektifivitas, penyuluhan, kecakapan hidup, pengetahuan, motivasi


Full Text:

PDF

References


Anwar, 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

BKKBN. 2001. Program Keluarga Berencana Nasional. Jakarta: BKKBN BPS.2016. Kemajuan yang Tertunda: Analisis Data Perkawinan Usia Anak di Indonesia. Jakarta : Badan Pusat Statistik.

_____.2017. Perkawinan Usia Anak di Indonesia 2013 dan 2015 (Edisi Revisi). Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) melalui Pendekatan Broad-Based Education. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depkes. 2001. Rencana Strategis Nasional Making Pregnancy Safer (MPS) di Indonesia 2001-2010. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

_____.2002.Profil kesehatan Indonesia 2001 Menuju Indonesia sehat 2010. Jakarta: Departemen Kesehatan RI

Hidayat, Sholeh. 2015. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kabir, Syed Muhammad Sajjad. Essentials of Counseling, Edition: First, Chapter: 1, Publisher: Abosar Prokashana Sangstha, Banglabazar, Dhaka-1100, pp.21-44.

Kemenkes.2015.Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Latif, Muchtar &Suryawahyuni Latief.2018. Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana

Mahmud, Hilal.2015. Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif). Makasar : Aksara Timur

Makmun, Hana.2017. Life Skill Personal Self Awareness (Kecakapan Mengenal Diri).Yogyakarta : CV.Budi Utama

Mawardi, Imam. 2012. Pendidikan Life Skill Berbasis Budaya Nilai-Nilai Islami. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Notoatmodjo,S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rhineka Cipta

. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rhineka Cipta

Nurmala, Ira, dkk.2018. Promosi Kesehatan. Surabaya : Airlangga University Press

Riniwati, Harsuko.2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas utama dan Pengembangan SDM). Malang : Tim UB Press

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rhineka Cipta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Jujun S.2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Suparno SJ, Paul, dkk.2002.Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta : Kanisius

Uno, Hamzah B. 2017. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Fauzi Achmad, dkk.2017. Dampak Program Kecakapan Hidup Terhadap Motivasi Wirausaha (Studi Pada Pelatihan Handicraft Kulit Jagung Warga Belajar Keaksaraan Fungsional Kenitu Di Kelurahan Antirogo Kecamatan sumbersari Kabupaten Jember). Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, I (1): 18-2

Indah, Dwi. 2016. Hubungan Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup Pelatihan Menjahit Dalam Pemberdayaan Perempuan Dengan Motivasi Wirausaha. E-Jurnal UNESA, Volume 5. No.1, hlm : 1-11

Ismiyati, dkk. 2019. Permasalahan Kesehatan Reproduksi pada Remaja di Provinsi Banten. Global Medical and Health Communication, Volume 7 Number 1, hlm: 52-63

Parvhaty dan Pillai. 2015. Impact of life skills education on adolescents in rural school“. International Journal of Advanced Research, Volume 3, Issue 2, 788-794.

Pradeep, et al. “Quality of a Life Skills Training Program in Karnataka, India. BMC Public Health (2019) 19:489

Prajapati, Ravindra, et al. 2017. ”Significance Of Life Skills Education“.Contemporary Issues in Education Research – First Quarter 2017, Volume 1 Number 1 :pages 1-10.

Sima Gerami, et al. 2015. “Life Skills Training and Its Effectiveness:A Systematic Review”. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol 6 No 2 S1 March. Rome-Italy: CSER Publishing.

Syatiawati Nuraida, dkk.2017. Efektivitas Metode Promosi Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri Rosadya. Bandung : Meeting on Global Medicine & Health (BaMGMH), Vol. 1 No. 1 , hlm :42-48.

UNESCO.1995. Learning: The treasure Within: UNESCO Publising Report to UNESCO of International Commession on Educational for the twenty-first Century.Dapat ditelusuri di https://unesdoc.unesco.org/ark/48223/pf0000102449

.2001. Life skills on adolescent reproductive health: package of lessons and curriculum materials. Thailand: UNESCO Principal Regional Office for Asia and the Pacific, pp 1-294.

Widiyastuti, et al. 2018.“The influence of health training on teachers and students' knowledge of adolescent reproductive health”.Enfermería Clínica, Volume 28, Supplement 1, February–June 2018, Pages 332-336.

Young, Gyu Lee & Da Yee Lee .2019. “Effects of a life skills-based sexuality education programme on the life-skills, sexuality knowledge, self- management skills for sexual health, and programme satisfaction of adolescents”. Journal Sex Education, Sexuality, Society and Learning Volume 19, 2019 - Issue 5, pages 519-53




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v7i2.10692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.