PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASS ROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ucu Suhayati, Isti Rusdiani, Cucu Atikah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VI SDN Kadu Beureum I Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 21,7%. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 39,3%. 3) Pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 43,7%.

Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Google Classroom, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Aguinis, Herman. 2014. Performance Management. United States of America: Pearson.

Al Hakim, Suparlan, dkk. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang : Madani.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Bilfaqih. Yusuf, Qomarudin. M. Nur. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman: Deepublish.

Brock Annie. (2015). “Introduction To Google Classroom: An Easy-To-Use Guide To Taking Your Classroom Digital.Createspace Independent Publishing Platform”.

Fatmawati, Endang. 2015. “Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan”. Jurnal Iqra 09.

Fauzan dan Fatkhul Arifin. 2019. “The Effectiveness of Google Classroom Media on theStudents’Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Departme”. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. ISSN: 2442-5133, e-ISSN: 2527-7227.

Hikmatiar, H., Sulisworo,D., dan Wahyuni, M. E. 2020. “Pemanfaatan Learning Management System Berbasis Google Classroom dalam Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Fisika. 8(1).78-86.

Handayani, N.S. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Manusia dan Lingkungan. Prodri Pendidikan Guru Sekolah Dasar”. UNPAS: Tidak Diterbitkan.

Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Onlineselama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematik”. ISSN 2715-2820 (Print). ISSN 2715-2812 (Online). Al asma: Journal of Islamic Education. Vol. 2, No. 1, May 2020.

Rikizaputra dan Sulastri, Hanna. 2020. “Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa” Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol.11 No. 1.

Rusman. 2013. Faktor-Faktor yang empengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sukmadinata. 2010. Metode penenelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.