PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Maria Ulfah, Suherman Suherman, M. Syadeli Hanafi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar yang kontekstual. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan bahan ajar pembelajaran berfokus pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas VII di SMPN 20 Kota Serang. Menentukan koherensi antara bahan ajar dan uji validitas dilakukan oleh pakar media dan pakar materi. Hasil validitas produk oleh kedua ahli menunjukkan kategori yang sangat layak. Nilai ahli media adalah 91% dan nilai ahli materi pembelajaran adalah 88%. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas bahan ajar pada materi pelajaran, uji coba dilakukan melalui pertanyaan pre-test dan post-test di kela VII pada SMPN 20 Kota Serang. Hasil pre-test adalah 64% dan skor post-test adalah 87% yang menunjukkan sangat layak untuk digunakan. Respon positif terhadap modul yang ditunjukkan oleh siswa  dengan pressentase 96% dan 93% dari penilaian guru. Ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki pengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji coba pada siswa, media pembelajaran kontekstual telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di SMP.

 

Kata kunci: Bahan ajar bahasa Inggris, berbasis kontekstual, produk bahan ajar, metode R&D

Full Text:

PDF

References


Cakir, I. (2015). Instuctional Bahanals Commonly Employed by Foreign Language Teachers at Elementary schools. Student views of instructor Student Rapport In The College Classroom. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 69-82.

Cameron, Lynne. 2001. Teaching Languages to Young Leaners. United Kingdom: Cambridge University Press. p241.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hadfield, J & Hadfield, C. (2008). Introduction to teaching English. New York: Oxford University Press.

Lado, Robert. Language Teaching. 1964. New York: McGraw-Hill Inc.

Noer, Salman M. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Jurusan Otomotif Smk Muahamadiyah Padang. Malang: Jurnal JIPS Universits Ekasakti, Vol. 3.

Richards, J. C., & Schmidt R. (2002). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics (3rd Ed). London: Longman.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006: Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta. Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

.2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. h.209.

Yunita, Evi Ike. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Karakter Pada Bahan Jurnal Khusus. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Surabaya. [ONLINE], Tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/12080/52/article.pdf. Diakses tanggal 13

Desember 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.