PENGNEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN APLIKASI FOCUSKY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD

Indah Komalasari, Yayat Ruhiat, Luluk Asmawati

Abstract


Pengembangan media untuk pembelajaran Tematik tema 8 tentang peristiwa alam , terus dilakukan melalui berbagai basis dan metode. Dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi focusky. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode riset dan development (R&D). Pengembangan media pembelajaran focus pada pembelajaran tematik tema 8 tentang peristiwa alam sub tema 1 pembelajaran 1. Untuk mengetahui koherensi antara media dan materi, dilakukan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validitas produk oleh ke dua ahli diperoleh kategori sangat layak. Dari ahli materi diperoleh nilai sebesarn85% untuk aspek isi dan 82 % untuk aspek pembelajaran serta ahli media untuk aspek tampilan video     sebesar  nilai  87%  serta  untuk  aspek  pemograman  85%.  Selanjutnya,  untuk  mengetahui efektivitas media terhadap materi pelajaran, dilakukan uji coba di SD Permata Insani Islamic School. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh kategori layak dengan nilai sebesar 80%. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji coba pada siswa, bahwa media video pembelajaran dengan bantuan aplikasi focusky  telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media untuk pembelajaran Tematik Tema 8 tentang Peristiwa Alam.

 

Kata  kunci:  media  video  pembelajaran, aplikasi  focusky

Full Text:

PDF

References


Alim, S. (2012). Penelitian Kausalitas. Surabaya: elearningunesa.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, a. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : Grafindo Persada.

Emzir. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media. Dzamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Firdaus. (2006). Reformasi Pembelajaran Menuju Kualitas Insan Bertaraf Dunia. Pekanbaru: CV Mitra Irzani.

Innesa. (2015). pengembangan media pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta. Kunandar. (2010). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Kuswanto, J., & yosita. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teknologi Komunikasi dan Informasi Kelas VIII . Innovative Journal of Curriculum and Educational Tecnology, 58.

Muhmidayeli. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aditya Media. Mulyasa. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramayulis, & samsulrizal. (2010). Filsafaat Pendidikan Islam Telaah sistem Pendidikan dan pemikiran para tokoh Cet 2 . Jakarta: Kalam Mulia.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori,Praktik dan penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Saud, u. (2010). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Reineka Cipta. Sukardi, M. (2011). Evaluasi Pendidikan,prinsip dan Operasionanlnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutirjo, & mamik, i. S. (2004). Tematik Pembelajaran efektif dalam kurikulum 2004. malang:

batu media publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pengembangan (RnD). Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2013). Dasar dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Surasmi, & Wuwuh Asrining. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII (p. 526). Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. (2014). Pembelajaran Terpadu konsep strategi dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

(2010). Model Pembelajaran TerpaduKonsep Strategi dan Implementasinya Dalam kurikulum tingkat satuan Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

(2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i1.11893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.