PENGEMBANGAN MEDIA ONLINE GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN BAGI ATLET REMAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran google classroom pada pembelajaran teknik dasar futsal dalam meningkatkan teknik dasar pembelajaran futsal bagi atlet. Penelitian ini menggunakan model 4D terdiri dari 4 langkah, yakni (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Penyebarluasan. Subjek penelitian ini adalah atlet futsal di Ponpes Kun Karima Pandeglang. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada atlet. Data yang diperoleh dalam uji coba ini diperoleh dari lembar pengamatan. Data analisis dengan mendeskripsikan kelayakan produk media pembelajaran melalui validitas analisis rata rata. Kelayakan media google classroom teknik dasar pembelajaran futsal mendapatkan persentase sebesar 78,75% dengan kualifikasi cukup baik, kelayakan materi dalam google classroom sebesar 88, 57% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan penilaian oleh atlet terhadap media pembelajaran google classroom teknik dasar pembelajaran futsal memperoleh skor rata-rata 80% dengan kualifikasi baik. Walaupun tergolong layak dan dapat diimplementasikan, terdapat bagian bagian yang harus direvisi sesuai saran perbaikan dari para ahli, praktisi, dan atlet. Media pembelajaran google classroom teknik dasar pembelajaran futsal menjadi salah satu alternative sumber belajar. Sebagai langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, guru disarankan menggunakan media ini dalam proses pembelajaran. Atlet disarankan agar memahami dan dapat mempelajari teknik dasar futsal dengan baikdan benar dengan dukungan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran ini dapat dijadikan pertimbangan dan inspirasi dalam pengembangan media pembelajaran teknik dasar pembelajaran futsal lainnya yang lebih baik lagi.
Kata Kunci : Pengembangan media, google classroom, Teknik dasar futsal
Full Text:
PDFReferences
Abin Syamsuddin Makmun. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azhar Arsyad. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar–dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Branch, R. M. (2010). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
Cecep dan Bambang. 2011. Pendekatan Kontruktivitas Dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Endang Mulyataningsih. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Husdarta, (2009). Psikologi Olahraga. Alfabeta. Bandung.
Ishak Abdulhak & Deni darmawan. 2013. Teknologi Pendidikan.Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mahendra, A. (2015). Filsafat Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI Bandung.
Ratna Yudhawati dan Danny Haryanto. 2011. Teori-Teoi Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasidan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rubianto Hadi. 2007. Ilmu Kepelatihan Dasar. Semarang : Cipta Prima Nusantara.
Sanjaya, W.2010:204.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan., Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susilana, R & Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Penilaian. Bandung: Wahana Prima.
Sutopo, Hadi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran dan Sumber Belajar.Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Tegeh, Made Dkk.2014. Model Penelitian Pengembangan. Yokyakarta: Graha Ilmu.
Tirto Apriyanto. 2017. Psikologi Olahraga. Sulawesi Selatan: Edukasi Pratama Madani.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya.Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i1.11896
Refbacks
- There are currently no refbacks.