PENGEMBANGAN MODUL CETAK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Ucu Kulsum Srilaswati, Sholeh Hidayat, Suparno Suparno

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang valid untuk hasil belajar IPA pada semester I peserta didik kelas IV SD/MI.Penelitian ini termasuk ke dalam rumpun penelitian dan pengembangan, menggunakan Dick and Carey.,. Sedangkan validasi pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing  dengan uji statistik menggunakan SPSS 25 dengan uji paired sample t-tes. Adapun hasil perhitungan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 93 rentang angaka 80-100% dan tingkat persentase keidealan 93 %. Penilaian ahli media  baik (B) dengan skor 80 dan tingkat persentase ideal 80%. Penilaian ahli bahasa baik (B) dengan skor 320 dan tingkat persentase 91%. Sedangkan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 94%. Hasil belajar siswa terdapat signifikansi antara sebelum menggunakan modul dan sesudah menggunakan modul.Berdasarkan data diatas maka Pengembangan modul cetak materi bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran memiliki validitas tinggi dan termasuk kategori sangat baik sehingga layak dijadikan bahan ajar dikelas IV SD/MI.

 

Kata kunci: modul, pembelajaran IPA, inkuiri terbimbing, meningkatkan hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Mulyono, (2012:12) Pendidikan Bagi Anak Berkualitas Belajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Al-Tabani, Trianto Ibnu Bakar, (2014), Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta : Prenada Group.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta: Yogyakarta.

Cahyo, A. 2013. Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.

Carin, A.A & Sund, R.B., 1985, Teaching Science Through Discovery Columbus: Merrill Publishing Company

Depdiknas. 2004a. Kurikulum 2013. Ilmu Pengetahuan Alam. Depdiknas: Jakarta.

Design System Instructional Model Dick-Carey. Muhamad Khotib. Diakses tanggal, 29 Januari 2015.

Dimyati dan Mujiono,2013 Belajar dan Pembelajaran .Penerbit Rieneka Cipta. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Djamarah, Belajar dan Pembelajaran (2008: 148),

I MadeTangeh,Dr, MPd.Seel & Ricey, 1994, Model Penelitian Pengembangan. Depdiknas. 2004a. Kurikulum 2004. Ilmu Pengetahuan Alam. Depdiknas: Jakarta.

Gulo (At-Tabrani 2014 : 78) Pembelajaran dengan pendekatan Ilmiah,(Jupri, 2017:131) Pembelajaran dengan Pendekatan Ilmiah

Gulo. 2008. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo Hamzah Uno. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Hamalik, O. 2008 . Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara. Hamalik, Motivasi Belajar Siswa. (2011: 161)

Hamalik, Belajar dan Pembelajaran. (2006: 30).

Hungerford dan Volk 1990. Science tekchnologi society intvestigating and evaluating STS isues and Solution. STIPES Publising

Isjoni, 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Khoirul Anam, M.A. Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Metode dan Aplikasi (2016:27)

Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mulyasa, Enco. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Enco. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa.Enco 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi aksara.

NRC. (2000). Inquiry and The National Science Education Standarts.A Guide for Teaching and Learning. Washington DC: National Academic Press

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovasi: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Riyanto. 2010. Media Pengajaran. Jakarta. Depdikbud.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran Kooperatif, Balai Pustaka, Jakarta. Suyadi, 2010.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Sofan dan Iif, 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan. Kreatif Dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i1.11897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.