PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Abstract
Pengembangan media untuk pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, terus dilakukan melalui berbagai basis dan metode. Dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis prezi. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode riset dan development (R&D). Pengembangan media pembelajaran focus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bagi peserta didik kelas VII. Untuk mengetahui koherensi antara media dan materi, dilakukan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validitas produk oleh ke dua ahli diperoleh kategori sangat layak. Dari ahli media diperoleh nilai sebesar 89% dan ahli materi sebesar nilai 80%. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas media terhadap materi pelajaran, dilakukan uji coba di SMPIT. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh kategori layak dengan nilai sebesar 71%. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji coba pada peserta didik, bahwa media pembelajaran berbasis prezi telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media untuk pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Kata kunci: media pembelajaran, berbasis Prezi, produk media, metode R&D, koherensi media dan materi, memenuhi kriteria
Full Text:
PDFReferences
Anas, M., T, M., & Firdaus. (2008). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Provinsi Sulawesi Tenggara (Studi tentang Persepsi terhadap TIK bagi Guru SMPN se Kota Kendari dan se Kabupaten Kolaka). Simposium Pendidikan.
Gultom, J. J. (2012). Pemanfaatan Media Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan.
Hakim, L. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS AUGMENTED REALITY. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
M.Ramli. (2015). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist. Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan.
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Rusyfian, Zurrahman. 2016. Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika Bandung.
Sadiman, A. dkk. 2010. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya . Jakarta : Pustekkom Dikbud
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Pengembangan (R & D). Bandung : Alfabeta.
Sumiati, 2008. Metode Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima
Surani, & Ampera, D. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA DI SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN GALANG. JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN. https://doi.org/10.24114/jptk.v19i1.7150
Syathori, A. (2017). KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH (Implementasi, Analisis dan Pengembangannya). Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2024
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i1.11898
Refbacks
- There are currently no refbacks.