PENGEMBANGAN MODUL IPA BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SEKOLAH DASAR

Lia Amalia, Sholeh Hidayat, Romli Ardie

Abstract


Sumber belajar utama bagi pelaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar adalah buku guru dan buku siswa, akan tetapi kualitas buku siswa saat ini belum menstimulasi peserta didik untuk dapat memiliki Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Oleh karena itu dibutuhkan sumber belajar sebagai pendamping buku siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tahapan pengembangan modul IPA bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) kelas VI Sekolah Dasar di gugus tiga Kecamatan Jatiuwung Kota tangerang, 2) mengetahui validitas modul IPA bermuatan Higher  Order Thinking Skills (HOTS) 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul IPA bermuatan High Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall dengan mengambil data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan hasil uji validitas modul oleh ahli materi memperoleh rerata skor 4,5 (sangat baik/layak), hasil uji validitas oleh ahli media memperoleh rerata skor 4,0 (baik/layak), dan hasil uji validitas oleh ahli bahasa memperoleh rerata skor 4,5 (sangat baik /layak). Rerata skor hasil ujicoba lapangan awal dengan responden guru kelas VI adalah 4,3 (sangat baik/layak) dan Peserta didik 3,9 (baik/layak). Sedangkan rerata skor pada ujicoba lapangan utama dengan responden guru kelas VI adalah 4,5 (sangat baik/layak) dan Peserta didik adalah 4,3 (sangat baik/layak). Kesimpulan dari penilaian ini adalah berdasarkan hasil uji validitas oleh para ahli dan hasil ujicoba, modul ini memiliki validitas yang baik dan layak dijadikan sumber belajar IPA bagi Peserta didik.

 

Kata Kunci: Pengembangan Modul, IPA, High Order Thinking Skill (HOTS)

Full Text:

PDF

References


Anderson, W Lorin dan Krathwohl, David R. 2001. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Ariyana, Yoki dkk. 2019. 2019. Buku pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Yogyakarta. Gava Media

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia

Haryono. 2019. Pembelajaran IPA Abad 21. Yogyakarta. Kepel Press

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Mawardi. 2016. Ilmu Pendidikan. Jakarta. Yayasan Mirqot Ilmiah Al-Itqon.

Nugroho, R Arifin. 2018. High Order Thinking Skill. Jakarta. Grasindo.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta. Prenada Media Grup.

Setiawati, Wiwik. Buku penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skill. Jakarta. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjiono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada Media Grup.

Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2018. Media Pembelajaran. Bandung. CV Wacana Prima.

Tegeh, I Made dkk. Model Penelitian Pengembangan. 2014. Yogyakarta. Graha Ilmu

Widoyoko, Eko Putro, 2012. Tehnik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yoyakarta. Pustaka Pelajar.

Barlia, Lily. 2011. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains di SD. Tinjauan Epistemologis, Ontologi, dan Keraguan Dalam Praksisnya. Cakrawala Pendidikan. Th. XXX, No. 3

Irmawati, Retno Dewi dkk, 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 5 No 2

Hanifah, Nurdinah. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Sekolah Dasar. Conference Series Journal. Vol 1 No1

Meriyanto, dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Scientific Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Mengembangkan Sikap Sosial pada materi Kemagnetan dan Pemanfaatannya. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Vol 1 No 1

Purnomo, Heru dkk. 2016. Pengembangan Bahan Ajar dan Instrument Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013”. Jurnal edukasi. Journal UNY.ac.id.

Pratiwi, Widya dkk. 2019. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Bermuatan keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Di Sekolah Dasar. Elementary School Jurnal STKIP Majenang. Vol 6 (1).

Rahdiyanta. 2016. Tehnik Penyusunan Modul. academia.edu.

Rehalat, Aminah. 2014. Model Pembelajaran Pemerosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol 23 No 2.

Rofiah, Emi dkk. 2016. Pembelajaran Modul Pembelajaran IPA Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP/MTs. digilib.uns.ac.id/

Rozi, Fahrur dan Hanum, Citra Bahadur. 2019. “Pembelajaran IPA SD Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Menjawab Tuntutan Pembelajaran Abad 21”. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan.

Schulz, Henry dan Patrick, Beverly Fizt. 2016. “Teacher Understanding of Critical and Higher Order Thinking and What This Means fot Their Teaching and Assessment”. Alberta Journal of educational Research, Alberta University Canada. Vol 62.1, Spring. 61- 68.

Setyoningrum, Andi dan Sukestiyarno. 2019. Pengembangan Pembelajaran Mandiri Melalui Pendampingan Modul berbasis Hots Untuk Meningkatkan Grit dan Kemampuan Koneksi Matematis. Seminar Nasional Pascasarjana 2019: 910-918. ISSN 2686-6404.

Tajularipin, Sulaiman dkk. 2017. “Implementation of Higher Thinking Skills in Teaching Science”. International Research Journal and Sciences (IRJES) eISSN 2550-2158 Vol 1 Issue 1.

Tan, Shin Yen dan Siti Hajar Halili. 2015. “Effective Teaching of Higher Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal Distance Education and e-Learning Vol 3 Issue 3.

Triyuni, Ni Nyoman Ely dkk. 2019. Pengembangan Perangkat Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking (HOT) Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD”. Journal of Education Technology. Vol 3 (1) pp 22-27


Refbacks

  • There are currently no refbacks.