EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI VIDEO PADA MATERI SURAT-SURAT PENDEK

Rahmat Mulyadi, Nandang Faturrohman, Lukman Nulhakim

Abstract


Media pembelajaran sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran sebagai pendukung tingkat keberhasilan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis prezi video pada materi surat-surat pendek untuk siswa kelas 4 di SDN 3 Padasuka Lebak-Banten. Penelitian ini termasuk ke dalam Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis, desain, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas ipembelajaran dengan menggunakan imedia ipembelajaran berbasis prezi video diperoleh skor ketuntasan belajar atau KKM sebesar 91,4%. Penggunaan media pembelajaran berbasis prezi video yang dikembangkani peneliti sudah efektifi dalam meningkatkan iefektivitas pembelajarani Pendidikan Agamai Islam dan Budii Pekerti materi surat- surat pendek kelas i4 SDN 3 Padasuka Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.

Hadion Wijoyo, D. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Krause. (2014). Using PREZI-Technology ti promote inquirybased learning on ‘bionics.’ University of Bremen.

Kustandi, Cecep, Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Prawiradilaga, D. S. (2016). Wawasan Teknologi Pendidikan. Kencana.

Putu Darma Wisada, I Komang Sudarma, A. I. W. I. Y. S. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi penddikan karakter. Jurnal of Education Technology, 3(3), 141.

Restika, R. R., Ibrahim, M., & Kuswanti, N. (2016). Validitas Media Prezi the Zooming Presentation pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 213–219.

Rodhi, M. Y., & W. (3 C.E.). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 2(137–142).

Rusyfian, Z. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Pebisnis (1st ed.). Informatika Bandung.

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.

Simamora, Roymond.H. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, R&D dan Kombinasi) (IV). CV Alfabeta.

Zurahman, R. (2016). Prezi: Solusi Presentasi Masa Depan. Informatika Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.