UJI VALIDITAS E-MODUL PRATIKUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR POKOK BAHASAN ASAM BASA

Wahyu Fatihah, Syadeli Hanafi, Lukman Nulhakim

Abstract


E-modul praktikum merupakan media sekaligus bahan ajar digital dengan memberikan kesempatan berlatih kepada peserta didik untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas belajar dari teori yang telah dipelajari sebelumnya.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan e-modul praktikum yang telah dibuat berdasarkan uji validitas. Metoda penelitian menggunakan R&D (Research and Development), dengan model ADDIE  (AnalizeDesign, Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas dilakukan oleh ahli media dengan hasil 93 (sangat layak), dan ahli materi dengan hasil 95 (sangat layak). Hasil validitas rata-rata 94 (sangat layak). Setelah dilakukan revisi atas saran dan masukan para ahli, maka dihasilkan e-modul praktikum berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas belajar pokok bahasan Asam Basa bersifat interaktif sebanyak 71 lembar dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 


Keywords


Asam Basa, E-modul Praktikum, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224-236.

Asda, V. D., & Andromeda, A. (2021). Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 710-716.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daeli, S. S. (2023). PENERAPAN E-MODUL PRATIKUM KIMIA PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA ABDI NEGARA BINJAI (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara).

Fausih, M., & Danang, T. 2015. Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan “instalasi jaringan lan (local area network)” untuk siswa kelas xi jurusan teknik komputer jaringan di SMKN1 labang bangkalan madura. Jurnal Unesa, 1(01), 1-9.

Hamzah, A. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Malang: Literasi Indonesia.

Luthfiana, A. D., & Hidayah, R. Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam dan Implementasi E-modul Praktikum Berbasis Green Chemistry di SMA.

Nadlir, M. 2016. Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 300-330.

Nenohai, J. A., Rahayu, S., & Dasna, I. W. 2022. Validity and effectiveness of chemical practicum e-modules of various applications with ethnoscience approach in chemical learning: Analysis review. Jurnal Pendidikan Kimia, 14(2), 70-78.

Permendiknas No.22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Riduan, M.B.A. 2013. Metoda dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rosa, N. M. 2015. Pengaruh sikap pada mata pelajaran kimia dan konsep diri terhadap prestasi belajar kimia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Sari, D. K. 2021. Pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Dasar 1 dengan Pendekatan STEM untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 44-54.

Sedyawati, E. (2016). Budaya Indonesia: Kajian arkeologi, seni, dan sejarah. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada.

Sukmadinata, N. S., 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiyono, T. 2018. Pengaruh Motivasi Siswa dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2), 90-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.