EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO PODCAST SEBAGAI GAYA BELAJAR AUDIOTORIK DI SD ISLAM KREATIF

Mifa Maulida, Syadeli Hanafi, Lukman Nulhakim

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media audio berbasis podcast sebagai gaya belajar audiotorik pada pembelajaran tematik kelas 4 di SD Islam Kreatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SD Islam Kreatif berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket untuk mengukur efektivitas media podcast. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio berbasis podcast dengan perolehan presentase 76,4% kategori efektif. Penggunaan media audio berbasis podcast ini mempermudah peserta didik dalam mengerjakan tugas, terampil dalam menggunakan sarana teknologi dan informasi.

Kata kunci: Efektivitas, Podcast, Gaya belajar audio


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2010. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Remaja Rosdakarya,

Bandung: vi+312 hlm

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta: x+344 hlm.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Alfabeta, Bandung

Uno, H. B. 2008. Profesi Kependidikan. Bumi Aksara, Jakarta: x+145 hlm

Usman, Muh. User, L. Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar.

(Bahan Kajian PKG, MGBS, MGMP). PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Awang, Ma. N. (2014). Perilaku dan Gaya Belajar dengan Prestasi Mahasiswa Semester IV

Jalur Umum Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Info Kesehatan, 12, 500–516.

A.A.A. Saleh & Faki, I. Al. (2014). Identifying the Learning Styles of TESOL Master ’ s

Students in King Abdul-Aziz. American International Journal of Contemporary

Research, 4(5), 98–110.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Effects of Visual, Auditorial, and Kinesthetic

Learning Styles on Student Learning Achievement. Pengaruh Gaya Belajar Visual,

Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa, 44(2).

Hasrul. (2009). Pemahaman tentang gaya belajar. Jurnal Medtek, 1.

Hilna Putria, Luthfi Hamdani Maula, D. A. U. (2020). Ananlisis Proses Pembelajaran Dalam

Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. 4(4), 861–

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Hutabarat, P. (2020). Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran

Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 107–

https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.85

Yusuf, M. T., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa. Tadris, Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92.

Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/893

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya

Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Reviuw Pendidikan Dan Pengajaran,

(2), 259–265. Retrieved from

http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp%0Ahttps://journal.universitas

pahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/481/0


Refbacks

  • There are currently no refbacks.