EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BAHASA JEPANG BERBASIS VIDEO PADA MATERI KANKOUCHI TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 6 SMA NEGERI 2 KOTA SERANG

Vera Rahmawati, Suherman Suherman, Isti Rusdiyani

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap hasil belajar peserta didik, 2) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap motivasi belajar peserta didik, dan 3) efektivitas pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi terhadap hasil dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest, yaitu membandingkan hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 6 sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring berbasis video pada materi kankouchi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan uji paired-t test. Hasil penelitian terhadap 30 peserta didik untuk hasil belajar diperoleh data thitung > ttabel pada taraf Tahun 8 Nomor 2 November 2021 241 signifikansi 5% yaitu 24.692 > 2.045 dan diperoleh nilai probabilitas atau signifikansi sebesar 0.000 artinya nilai P< 0.05. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran daring berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan hasil belajar terbukti. Untuk motivasi diperoleh data pada taraf signifikansi 5%, nilai thitung > ttabel yaitu 25.292>2.045 dan nilai probabilitas sebesar 0.000 artinya nilai P<0.05. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran daring Bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan motivasi belajar terbukti. Berdasarkan hasil uji hipotesis satu dan dua maka pembelajaran daring bahasa Jepang berbasis video pada materi kankouchi efektif terhadap peningkatan hasil dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 6 SMA Negeri 2 Kota Serang juga terbukti. Kesimpulannya adalah pembelajaran daring dengan media video dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik. Selain itu video pembelajaran yang dibuat oleh guru langsung dapat lebih menarik minat peserta didik karena seolah-olah belajar langsung bersama di dalam kelas.

Kata kunci : video, hasil belajar, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai

Tujuan Pembelajaran Yogyakarta: Gava Media

Hamalik, Oemar. 2003. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung:

Remaja Karya

Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI

Universitas Pendidikan Indonesia

Sadiman, Arief S, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Vaughan, Tay. (2011). Multimedia : Making It Work. 8thEdition. New York :

McGraw-Hill

Baharuddin, I. 2014. Efektivitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung

pembelajaran Matematika terhadap minat dan hasil belajar peserta didik SMA

negeri 1 Bajo kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, Volume

, No. 2, hal: 90-97

C.-W. Liao et al. 2019. The Interactivity of Video and Collaboration for Learning

Achievement, Intrinsic Motivation, Cognitive Load, and Behaviour Patterns in a

Digital Game-based Learning Environment. Computers & Education 133 p. 43–5




DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i2.13130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.