PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS ANIMASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI PONTANG II KECAMATAN PONTANG KABUPATEN SERANG

Roji Roji, Sudadio Sudadio, Lukman Nulhakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pada materi sistem pencernaan mata pelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni analyze, design, develop, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pontang II. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar wawancara, angket kelayakan, angket respon siswa dan instrument test. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif. Hasil penilaian uji ahli pada aspek materi dan aspek multimedia secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 82% dengan kategori sangat layak. Pada hasil penilaian uji efektivitas penggunaan media video berbasis animasi memperoleh nilai rata-rata 76% dengan kategori efektif. Adapun pada hasil uji respons siswa memperoleh hasil 68% dari 19 orang siswa menyatakan media yang dikembangkan sangat menarik, 26% siswa menyatakan menarik dan 0,5% menyatakan cukup menarik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa media video berbasis animasi pada materi sistem pencernaan sangat layak digunakan sebagai media penunjang proses pembelajaran siswa kelas V SD.


Keywords


media pembelajaran, IPA, animasi, sistem pencernaan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v9i1.17565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.