Hubungan Aktivitas Bermain di Rumah dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kota Serang - Banten

Siti Kholifah, Luluk Asmawati, Fadlullah Fadllulah

Abstract


Orangtua memegang peran sangat penting yang dapat mempengaruhi pendidikan anaknya sekaligus memiliki tanggung jawab atas perawatan dan bimbingan anak-anak mereka untuk mencapai tahapan-tahapan tertentu dalam mempersiapkan diri pada kehidupan sosial. Berdasarkan hasil pengamatan sementara bahwa di Kota Serang, penulis menemui beberapa permasalahan yang ada diantaranya orangtua sibuk dengan tugasnya sendiri, orangtua merasa kesulitan membagi waktu bermain dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan aktivitas bermain di rumah dengan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di Kota Serang-Banten. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian korelasi antara peran orang tua dengan Perkembangan sosial diperoleh nilai (rhitung) 0,609 dengan nilai Sig0,000. /Vilai rhitung > rtabei (0,609 > 0,254). Vilai Sig < nilai a (0,000 < 0,05). Maka, dapat disimpulkan terdapat hubungan antara peran orang tua dengan perkembangan sosial. korelasi antara aktivitas bermain di rumah dengan Perkembangan sosial diperoleh nilai (rhitung) 0,588, dengan nilai Sig 0,002. Nilai rhitung > rtabel (0,588 > 0,254) dan Sig < nilai a (0,002 < 0,05). Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas bermain di rumah dengan Perkembangan sosial anak.


Keywords


Peran Orangtua, Aktivitas Bermain, Perkembangan Sosial.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.