PENGEMBANGAN PENILAIAN MATERI IPA SMP BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Kosasih Kosasih, Luluk Asmawati, Suhendar Suhendar

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : menganalisis cara menyusun instrumen penilaian HOTS, kualitas instrumen penilaian HOTS, menganalisis kelayakan instrumen penilaian HOTS untuk meningkatkan proses berpikir tingkat tinggi peserta didik, dan menganalisis efektifitas penilaian HOTS untuk meningkatkan berpkir tingkat didik peserta didik. Penelitian berlokasi di SMPIT Al Fatih 1 Citra Raya Tangerang Banten. Sampel total dalam penelitian ini sebanyak 86 peserta didik kelas IX SMP. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan model pengembangan penyusunan tes Mardapi. Butir soal dibuat sebanyak 25 item dalam bentuk pilihan ganda.. Validasi isi pada penelitian ini sebesar 0,95, kategori soal termasuk valid dan rata- rata validitas butir soal tinggi. Validitas konstruk terhadap butir soal dinyatakan valid apabila rHitung > rTabel. Reliabilitas kategori tinggi dengan Alpha Cronbach sebesar 0,717. Tingkat kesulitan butir soal terdiri dari mudah, sulit, dan sedang dan uji daya pembeda butir soal terdiri dari butir soal yang jelek, sangat baik, baik, dan cukup. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berdasarkan respon terhadap jawaban butir soal yang terdiri dari ranah menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) mencapai 68% dengan kategori cukup baik. Dengan berdasarkan nilai valiidtas konstruks, validitas isi, dan nilai reliabilitas, maka butir soal dalam penelitian ini layak digunakan untuk penilaian pembelajaran di sekolah. Nilai Uji-t menunjukkan perbedaan hasil pre test dan post test yaitu dengan nilai sig = 0,001 < 0,005 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kedua tes tersebut, sehingga penilaian berbasis HOTS ini efektif untuk meningkatkan proses berikir tingkat tinggi peserta didik.

Keywords


Penilaian, Instrument Tes, HOTS, IPA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.